Logo
JCH Pasaman Dapat Bekal Ilmu Dari Kakanwil - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

JCH Pasaman Dapat Bekal Ilmu Dari Kakanwil

pasaman Rabu 11, Juli 2018 | 14:45:05 wib

Pasaman (Inmas), Sebanyak 204 jemaah calon haji (JCH) mengikuti bimbingan manasik haji gabungan Kabuapten Pasaman di gedung Kogsda Lubuk Sikaping Rabu (11/7).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H.Hendri, S.Ag, M.Pd hadir bersilaturahmi dengan para calon tamu-tamu  Allah itu sekaligus memberikan pembekalan ilmu seputar kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan haji.

Dari arahannya, Hendri mengajak JCH untuk benar-benar mematangkan dan memantapkan diri untuk mewujudkan kesuksesan menunaikan ibadah  haji di tanah suci yang menurut jadwal keberangkatan pada tanggal 31 Juli mendatang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) XV bersama jemaah asal Kota Padang dan Kabupaten Sijunjung.

Pejabat yang pernah bertugas di ranah Lubuk Sikaping itu menyampaikan juga tentang tanggung jawab ataupun kewajiban pemerintah terhadap jemaah haji, disamping perlindungan, pelayanan juga pembinaan melalui bimbingan manasik.

Katanya, pada tingkat kabupaten pembinaan ataupun bimbingan manasik haji itu dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan di kecamatan ada sebanyak delapan kali pertemuan.

Lebih jelas Ka Kanwil mengatakan perhatian pemerintah cukup tinggi terhadap persoalan penyelenggaraan haji termasuk dalam hal biaya perjalanan dengan mengucurkan subsidi yang bertujuan untuk meringankan beban biaya untuk jemaah haji.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman H.Dedi Wandra, S.Ag, MA menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah Pasaman yang sampai sejauh ini tetap memperhatikan pembangunan di bidang keagamaan termasuk dalam pelayanan haji.

“Untuk pemberangkatan dan pemulangan JCH masih dianggarkan oleh Pemkab”, ulasnya.

Hal ini menurut Dedi merupakan program yang menunjang terwujudnya visi pemerintah yang dipimpin Bupati H. Yusuf Lubis dan wakilnya H.Atos Pratama masyarakat yang sejatera, agamis dan berbudaya.

Kakankemenag juga menginformasikan jumlah jemaah asal Pasaman sebanyak 204 orang ditambah satu orang TPHD, dengan rincian 90 jemaah laki-laki dan 114 jemaah perempuan berasal dari 12 kecamatan.

Dalam kegiatan yang dibuka resmi oleh Wakil Bupati Pasaman H.Atos Pratama tersebut, pria kelahiran Pematang Panjang Sijunjung berpesan agar JCH mengikuti bimbingan dengan serius karena akan bermanfaat nantinya dalam menunaikan ibadah, sehingga tercapai pula cita-cita yakni haji mandiri yang mendapatkan kemabruran.

Wabup turut menyampaikan harapan-harapan pemerintah daerah serta mendoakan JCH Pasaman selalu diberi kesehatan dan kelancaran beribadah oleh Allah SWT dan kembali ke kampung halaman dengan meraih haji mabrur.

Mantan perwira TNI itu juga menceritakan pengalamannya saat diamanahkan sebagai petugas haji daerah dua tahun lalu yang bertujuan untuk memberikan ilmu dan pengetahuan kepada JCH saat nantinya menjalankan ibadah di tanah Haram.

Turut hadir di acara pembukaan manasik  haji itu Kabid PHU H. Afrizal dan sejumlah Kasi dan Kepala KUA di lingkungan Kemenag ranah Pasaman.(abie78)|Mira

 

 

 

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW