Logo
Kukuhkan 4 Penghulu, Asra Faber : Penghulu Harus Menjadi Contoh Keluarga Sakinah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kukuhkan 4 Penghulu, Asra Faber : Penghulu Harus Menjadi Contoh Keluarga Sakinah

payakumbuh Kamis 12, Juli 2018 | 17:58:52 wib

Payakumbuh (Inmas) -- Kepala Kankemenag Asra Faber kukuhkan 4 pejabat Fungsional Penghulu di lingkungan Kankemenag Kota Payakumbuh bersama rohaniawan Kanapi dengan saksi Mustafa dan Endra Rinaldi. Rangkaian pengukuhan ini disaksikan pejabat eselon IV, kepala madrasah, Kaur TU dan asn jajaran satker kankemenag. Pengukuhan ini diawali dengan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan SK oleh Analis Kepegawaian, Ustaniar.

Keempat Pejabat Fungsional Penghulu itu adalah :

  1. Irfan Junaidi, Golongan IV.a sebelumnya Kepala KUA Kecamatan Payakumbuh Selatan dikukuhkan menjadi Fungsional Penghulu Muda berdasarkan SK Kakanwil Nomor 145/Kw.03.1/KP.07.6/01/2018 tertanggal 31 Januari 2018,
  2. Akbarul Fahmi, Golongan III.d Kepala KUA Kecamatan Lamposi Tigo Nagori dikukuhkan menjadi Fungsional Penghulu Muda berdasarkan SK. Kakanwil Nomor : 106/Kw.03.1/KP.07.6/01/2018 tertanggal 31 Januari 2018
  3. Resfi Yendri, Golongan III.d Kepala KUA Kecamatan Payakumbuh Utara dikukuhkan dalam Jabatan Fungsional Penghulu Muda dengan Impassing. Beban Angka Kredit yang mesti dipenuhi 309 Kumulatif sebagaimana Keputusan Menteri Agama Nomor : B.II/3/15520 tertanggal 28 Februari 2018, yang ditandatangani Kepala Biro Kepegawaian di Jakarta atas nama Menteri Agama, dan
  4. Asrul, Golongan III.d dikukuhkan menjadi Penghulu Pertama berdasarkan SK kakanwil Nomor : 706/Kw.03.1/KP.07.6/09/2017 tertanggal 19 September 2017.

Usai melakukan pengukuhan, Kepala kankemenag Asra Faber tekankan bahwa perwujudan keluarga sakinah merupakan sebuah tuntutan. Untuk itu Penghulu harus mampu menjadi contoh tauladan bagi masyarakat, khususnya perwujudan keluarga sakinah.

" Jabatan Penghulu adalah jabatan yang melekat dengan Kepala KUA. Jabatan Penghulu adalah jabatan yang selalu mendapatkan sorotan masyarakat banyak. Untuk itu seorang fungsional penghulu harus mampu menunjukkan bahwa dirinya dan keluarganya adalah sebuah keluarga sakinah. Penghulu jangan hanya pandai berceramah kepada catin agar catin wujudkan keluarga sakinah. Penghululah yang berikan contoh tauladan itu. Karena untuk sukses dalam menjabat serta menjalankan tugas, salah satunya ditentukan dukungan keluarga," tegas Asra Faber pada Kamis (12/07/2018) di aula serbaguna kankemenag.

Tak lupa Asra Faber menyampaikan selamat kepada 4 pejabat Fungsional Penghulu yang baru dikukuhkan. "Selamat untuk Penghulu yang dikukuhkan hari ini. Ini adalah kondisi Nol Kilometer sebagaimana aturan dan regulasi yang mengaturnya, kecemasan kita selama ini telah terjawab sudah. Kami pesankan kepada Kasubbag TU dan Kasi Bimas Islam untuk menyegerakan pengusulan Plt. Kepala KUA. Meskipun masih ada 2 KUA kecamatan yang belum ada kepalanya,” sebutnya lagi.

“Jabatan adalah amanah Allah melalui pimpinan, untuk itu dituntut sebuah loyalitas. Bukan merongrong atau mengkhianati pimpinan. Jagalah kebersamaan dan sinergitas dengan pemerintahan di kecamatan, agar sukses dalam  bertugas," pesan Asra Faber yang sudah pengalaman 8 tahun sebagai Kasi Urais ini.

Dikatakan Asra Faber, Dalam menjalankan tugas, Penghulu harus memahami tupoksi serta regulasi yang mengatur. Penghulu juga dituntut memberikan layanan terbaik, termasuk bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Jangan pandang enteng jabatan penghulu, karena tanggungjawabnya dunia akhirat. Dalam bahasanya "berzina dalam kelambu" gara gara penghulu salah dalam mengambil keputusan dalam menikahkan pasangan catin. Teliti dan periksa wali dari catin dengan seksama dan benar, kapan perlu tanyakan dengan tetangganya. Turun ke bawah. Selain itu tolong maknai dan pedomani lafadz ijab kabul. Karena lafadz ijab kabul terdiri dari mahfud awal dan mahfud tsani serta Fiil mua'adi," imbuh Asra Faber.

Diujung arahannya, Asra Faber kembali menegaskan agar Penghulu meneliti berkas catin yang akan menikah. Penghulu perlu banyak membaca buku panduan dan fiqih munakahat. Teliti dan komunikasikan secara terpadu rekomendasi pindah nikah, termasuk wakil wali untuk catin perempuan. Agar tidak salah dalam melangkah, kapan perlu koordinasi dengan Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri yang ada di daerah. Tolong diingat, apabila ada sebuah kasiuistis, seperti tertangkapnya pasangan mesum oleh warga. Jangan asal menikahkan, lakukan pemeriksaan dan tetap koordinasi dengan unsur terkait," tegas Asra Faber menutup arahannya.

Pengukuhan 4 orang tenaga Fungsional Penghulu ditutup dengan pemberian selamat yang diawali langsung Kepala kankemenag Asra Faber dan diringi undangan yang hadir. Pengukuhan ini juga dihadiri pasangan pejabat yang dikukuhkan bersama pengurus DW Unit Agama Kementerian Agama Kota Payakumbuh.(ul)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW