Logo
Rintik Hujan Tak Mengurangi Euforia Masyarakat Melepas JCH Kloter XV - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Rintik Hujan Tak Mengurangi Euforia Masyarakat Melepas JCH Kloter XV

Yesfi Mira Andria Kamis 02, Agustus 2018 | 01:38:18 wib

Padang (Inmas)--Rintik Hujan mengiringi keberangkatan iring-iringan bus jamaah calon haji (JCH) Kloter XV Embarkasi Padang ini menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Rabu (1/8).

Kloter XV ini terbang melalui BIM langsung ke Jeddah untuk selanjutnya ke Mekkah melaksanakan ibadah umrah. Semenjak berangkat dari Tanah Air JCH ini telah mandi sunat ihram dan langsung berpakaian ihram. Sesampai di King Abdul Aziz, jamaah haji langsung berwudhu' untuk shalat sunnat ihram dan memasang niat ihram untuk melaksanakan ibadah umrah.

JCH  yang tergabung dalam Kloter XV ini berjumlah 393 orang yang berasal dari Kab. Sijunjung 47 orang, Kab Pasaman. 202 orang dan kota padang 39 orang dengan rincian pria  sebanyak 177 orang wanita 216 orang.

Secara resmi JCH ini telah d lepas di aula utama embarkasi Padang oleh Kakanwil Kemenag Sumatera Barat, Rabu (1/8) yang di wakili oleh Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Afrizal.

Dalam arahannya H. Afrizal mengucapkan Selamat kepada seluruh jamaah,  sehat walafiat serta dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dan kembali dengan memperoleh haji yang mabrur. 

Lebih lanjut Afrizal menjelaskan 4 faktor kesuksesan penyelenggara ibadah haji, 
Pertama  bila semua yang masuk kuota dapat diberangkatkan ke Tanah Suci. Kedua seluruh jamaah haji yang telah berada di Arab Saudi mendapatkan pelayanan pemondokan, kesehatan, transportasi dan  konsumsi.


Ketiga Seluruh jamaah haji yang  telah berada di Arab Saudi bisa melaksanakan wukuf, yang sakit d safari wukufkan dan yang meninggal di ba'dal hajikan.
Keempat seluruh jamaah yang telah selesai melaksanakan ibadah haji di kembalikan ke tanah air.

Lebih lanjut Afrizal mengatakan bahwa penyelenggaraan haji adalah memberikan pembinaan pelayan dan perlindungan yang sebaik-baik sehingga seluruh jamaah haji dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji sesuai tuntunan agama Islam.
Semuanya terkemas dalam Pembinaan manasik, pelayanan akomodasi transportasi konsumsi dan kesehatan.

Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumbar yang diwakili 
oleh Kabag dari dinas tersebut dan Ketua IPHI Sumbar, Muslim Tawakal serta seluruh PPPIH Embarkasi Padang.

Pesan Afrizal, selalu ikhlas dalan menjalankan ibadah, berikhtiar maksimal Istiqomah dalam menjalan dan tawakal
Kedua menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah dengan baik..
Pesan ketiga Kabid PHU, prioritas ibadah yang rukun dan wajib untuk persiapan tenaga untuk wukuf

Keempat Taati peraturan yang ada, arahan petunjuk petugas kloter.
Pesan terakhir Afriizal, "jaga nama baik daerah, jamaah haji asal Sumatera Barat  yang selama ini ramah-ramah, mudah-mudahan  dapat dipertahankan serta doakan negara kita menjadi lebih baik.
telah berada di Arab Saudi". Tutupnya.

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW