Logo
Usai Kunjungan Tim Supervisi, Keamanan Kanwil akan Disesuaikan dengan Standar Polda - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Usai Kunjungan Tim Supervisi, Keamanan Kanwil akan Disesuaikan dengan Standar Polda

RinaRisna Kamis 02, Agustus 2018 | 12:32:15 wib

Kanit I Lemneg Polda Sumbar Daswati memaparkan standar kemanan kepada Kepala Kanwil, Hendri didampingi Kabag TU Irwan dan Kasubbag Umum Efi Yoskar. Foto : Rina

Padang, Inmas—Kepala Kanwil Kemenag Sumbar terima kunjungan Tim Supervisi Sistem Pengawasan Lembaga Negara, Kamis (2/8/2018) di Ruang Kerjanya. Kunjungan ini selain silaturrahmi juga dalam rangka sosialisasi program sistem pengawasan keamanan lembaga negara oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar.

Tim supervisi yang berjumlah 6 (enam) orang ini dipimpin Daswati, Kepala Unit (Kanit) I Lemneg Pam Opvit Polda Sumbar. Menurutnya, program ini sudah ada sejak tahun 2016 dan setiap tahun ada 13 lembaga yang dipilih dengan 8 (delapan) program giat. Untuk tahun 2018, Kanwil Kemenag termasuk 1 (satu) lembaga yang dipilih untuk program ini.

Dalam bincang-bincang hangat dan santai ini, Kepala Kanwil Kemenag didampingi Kabag TU, H. Irwan, Kabid Pakis H. Kardinal dan Kasubbag Umum, Efi Yoskar. Dipaparkan Daswati, tujuan kedatangannya ke Kementerian Agama, mensosialisasikan sistem keamanan kantor.

“Kedatangan kami ke sini melihat langsung standarisasi keamanan kantor Kemenag yang sesuai dengan standar operasional. Supervisi bertujuan meluruskan yang bengkok menyempurnakan yang salah menjadi benar”, ungkap polisi wanita yang suka humor ini

Dicontohkan Kanit, untuk pagar ukuran tingginya minimal 3 meter dan dibalik pagar dibuatkan got dan ditambahkan besi atau kawat pengaman. “Hal ini supaya maling atau orang yang masuk ke pekarangan kita ketika dia lompat, masuk got dulu tidak langsung melarikan diri”, lanjutnya dengan diiyakan Kasubbag Umum sebagai penanggungjawab.

Kemudian untuk patroli keamanan kantor, tambah Daswati mencotohkan. Dalam melakukan patroli di malam hari, satpam (tim keamanan) minimal 2 (dua) orang. “Hal ini menghindari terjadinya hal-hal kurang baik yang tidak diinginkan. Ketika maling melakukan perlawanan, satpam yang satunya bisa membantu”, paparnya dengan penuh semangat.

Usai memaparkan panjang lebar tentang standar keamanan sebuah lembaga, Kanit minta kesediaan Kepala Kanwil mendampinginya meninjau dan melihat langsung kondisi pagar dan sekitar kantor yang patut diperbaiki dan disempurnakan.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri ketika diwawancara usai kunjungan ini menyampaikan terima kasih kepada tim supervisi Polda Sumbar yang telah memberikan banyak masukan untuk kebaikan lembaga ini ke depan terutama dibidang keamanan.

“Kita menyambut baik kunjungan tim supervisi Polda Sumbar ini. Kita juga akan menyikapi dan melaksanakan saran serta masukan yang telah disampaikan tim supervisi untuk Kanwil Kemenag Sumbar. Menyempurnakan kekurangan-kekurangan kita dalam pelayanan keamanan. Dimana standar keamanan akan disesuaikan dengan prosedur yang ada di Polda Sumbar”, ungkap H. Hendri. (RinaRisna)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW