Logo
Sumbar Optimis Tuan Rumah MTQ Nasional 2020 - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Sumbar Optimis Tuan Rumah MTQ Nasional 2020

Voni Kurniawati Senin 20, Agustus 2018 | 15:48:15 wib

Padang, Inmas--Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI merespon ekspose yang telah dilakukan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ketua Harian LPTQ Sumbar dan Kakanwil Kemenag Sumbar beserta jajaran di awal Juli lalu. Dirjen Bimas beserta rombongan tiba di Ranah Minang pada Sabtu (18/08) dalam rangka visitasi dan verifikasi daerah yang akan menjadi pelaksana MTQN 2020 mendatang sebagaimana yang telah diisyaratkan Menteri Agama.

Rombongan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI disambut langsung rombongan Wakil Gubernur dan Kakanwil Kemenag Sumbar yang selanjutnya di arak ke Ruang Rapat Wagub di Kantor Gubernur Sumatera Barat. Di Ruang Rapat lantai II tersebut telah menanti, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat diwakili Ketua Komisi V, Kabag Kesra Provinsi Sumbar, Kabid-Kabid di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Kakankemenag Kab/Kota se-Sumatera Barat, para Rektor PTN dan PTS yang ada di Sumbar (yang mewakili), Kabag Kesra Kota Padang dan beberapa Ketua Masjid Sumatera Barat serta pemuka masyarakat.

Rapat ekspos kesiapan Sumatera Barat menjadi tuan rumah MTQ Nasional 2020 bersama Dirjen Bimas Islam (tengah), Kakanwil Kemenag Sumbar (kiri) dan Wagub Sumbar (kanan). photo (voni)

Pada kesempatan berbahagia tersebut, Kakanwil Kemenag Sumbar menyampaikan rasa suka citanya atas kehadiran Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Prof. Dr. Muhammadiyah Amin, M.Ag beserta rombongan. “Kehadiran Bapak Dirjen beserta rombongan hari ini membawa angin segar bagi Provinsi Sumatera Barat yang telah mengidam-idamkan menjadi tuan rumah MTQN ke-28 di 2020 mendatang,” ujar Kakanwil mengawali sambutannya.

“Kami siap mendukung dan menghelat pesta Qur’an ini yang sudah 35th berlalu. Kami sangat mengapresiasi dan bangga dengan semangat dan kesungguhan Bapak Wagub dalam memenuhi semua kriteria yang menjadi acuan oleh Menteri Agama dalam pemilihan Provinsi penyelenggara MTQN,” tambah putra Agam ini.

Senada dengan Kakanwil Kemenag Sumbar, Kakankemenag Kab/Kota yang diwakili Kakan Kemenag Kota Padang, H. Marjanis menyatakan dukungan dan kesiapan penuh menyongsong acara akbar tersebut. “Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah Kota Padang, khususnya dengan Wali Kota Padang, mengenai keinginan menjadi tuan rumah MTQN dan kita semua siap bersinergi dalam menyongsong even mulia ini,” tandasnya. Hal ini di benarkan oleh Kabag Kesra Kota Padang yang berkesempatan hadir pada saat itu mewakili Wali Kota.

 

Dalam arahannya, Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasrul Abit menyampaikan bahwa hadirin yang hadir pada kesempatan tersebut mewakili semangat Sumatera Barat secara keseluruhan dalam hal mewujudkan impian menjadi tuan rumah MTQN mendatang. Hal ini tidak terlepas dari falsafah masyarakat Minangkabau yaitu Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Hal ini membuktikan bahwa Sumatera Barat memenuhi semua kriteria yang menjadi acuan Menteri Agama dalam memutuskan daerah penyelanggara. Dukungan mengenai sarana prasarana tidak bisa diragukan lagi dengan kesediaan dan pernyataan berbagai pihak dalam hal mengizinkan pemakaian tempat yang ada dalam wewenangnya. Ini sekaligus membuktikan dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Sumbar. Dukungan anggaran yang tak kalah penting juga telah disanggupi oleh Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumbar,” papar putra Pesisir Selatan ini.

Rapat ekspos kesiapan Sumbar menjadi tuan rumah diakhiri dengan peninjauan beberapa lokasi yang akan dijadikan tempat pelaksanaan lomba berbagai cabang selama MTQN berlangsung. Dirjen Bimas Islam memutuskan meninjau lokasi Mesjid Raya Sumatera Barat, Mesjid Al Azhar UNP, Auditorium UNP, Mesjid Raya Nurul Iman Padang, Lapangan Imam Bonjol Padang, Universitas Putra Indonesia (UPI) Convention Center, UPI Exhibition Center dan Mesjid Raya Baiturrahmah Padang. Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW