Logo
Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat, ETA Kunjungi Kanwil Kemenag Sumbar - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat, ETA Kunjungi Kanwil Kemenag Sumbar

Dewi Senin 20, Agustus 2018 | 15:46:07 wib

Padang, (Inmas)—Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat kedatangan dua orang tamu dari warga negara asing yakninya Amerika Serikat, Senin (20/08) bertempat di ruangan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Tamu ini merupakan utusan dari Lembaga American Indonesia Exchange Foundation (AMINEF) yang mengadakan kerjasama internasional dengan salah satu bentuk kegiatannya pendampingan pembelajaran bahasa Inggeris dengan program English Teaching Assitantship (ETA).

Para utusan dari Lembaga AMINEF ini di tempatkan di madrasah yang penunjukkannya telah melalui  proses yang ketat karena kuota untuk seluruh lembaga pendidikan yang difasilitasi sangat terbatas yaitu 25 SMA, SMK dan MA seluruh Indonesia. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK), Sedangkan untuk Sumbar berhasil meloloskan 6 MA se Indonesia dan 2 diantaranya Madrasah Aliyah di Sumatera Barat yaitu MAN 1 Kota Payakumbuh dan MAN 2 Bukittinggi.

Para ETA ini akan bertindak sebagai asisten Bahasa Inggris yang akan mendampingi guru Bahasa Inggris pada masing masing Madrasah selama proses pembelajaran baik Intrakurikuler maupun EKstrakurikuler dengan beban jam selama 20 jam/ minggu dan maksimal 25 jam/ minggu. Proses pembelajaran dengan English Teaching Assitantship (ETA) ini berlangsung selama 10 bulan mulai tanggal 22 Juli 2018 hingga 23 Mei 2019.

Pihak Madrasah terpilih memiliki tangung jawab menyediakan tempat tinggal bagi ETA, membentuk counterpart dan co teacher bagi ETA. Counterpart bertugas memperkenalkan ETA pada Komunitas Madrasah dan menjembatani segala hal yang diperlukan oleh ETA. Sedangkan co teacher merupakan orang yang akan didampingi oleh ETA yaitu Guru Bahasa Inggris.  

Adapun dua orang English Teaching Assitantship (ETA) ini pertama bernama Alexander Lopez Perez ditempatkan di MAN 2 Bukittinggi dibawah pimpinan Roslindawati sebagai Kepala Madrasah dan Harryanto sebagai counterpart. English Teaching Assitantship (ETA) kedua bernama Gordon Peater Banson ditempatkan pada MAN 1 Payakumbuh dibawah pimpinan Refinel sebagai Kepala Madrasah dan Busrianto sebagai counterpart.

Para ETA ini juga memiliki project yakninya mampu membentuk non Guru Bahasa Inggris bisa berbahasa Inggris dan para ETA juga wajib bisa berbahasa Indonesia setelah program berakhir.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri dalam arahannya saat menerima kunjungan para English Teaching Assitantship (ETA) dari masing masing Madrasah didampingi Kepala Madarasah dan counterpart masing masing Madrasah menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan dari para ETA dan berharap semoga denga kehadiraan para ETA dapat mewujudkan Madrasah lebih baik.

“Semoga program ini berdampak positif dan mampu mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat yang merupakan suatu inovasi yang dibutuhkan sebuah Madrasah”.

Hendri menambahkan terdapat 5 pilar pendidikan Madarsah yang Hebat bermartabat itu yakni, Guru yang hebat, Anak Didik yang hebat, Kurikulum yang hebat, Lingkungan yang hebat dan Sarana prasarana yang hebat.  H. Hendri berharap dengan kehadiran ETA ini Madrasah mampu menciptakan Kampung Inggris dan Kampung Arab dalam lingkungan Madrasah.

Diakhir arahannya H. Hendri berpesan agar Madrasah yang telah ditunjuk mampu memberikan pelayanan yang baik dan memberikan nilai lebih sehingga berkesan bagi para ETA.

Plt. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar Afrizal ditemui tim humas Kanwil kemenag diakhir pertemuan menyampaikan pengharapan, “semoga kedua madrasah yang terpilih di Sumbar bisa memaksimalkan pemanfaatan tenaga dari ETA ini, dan bisa mendukung program program Madrasah sehingga mampu berdaya saing global dan menambah kemampuan guru Bahasa Inggris menjadi bahasa sehari hari rangka mewujudkan Madrasah hebat bermartabat baik dalam program intrakurikuler dan ekstrakurikuler”, tutup Afrizal. [DW]

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW