Logo
Tiba di Ranah Minang, Satu Jamaah Payakumbuh Masih Dirawat di Tanah Suci - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Tiba di Ranah Minang, Satu Jamaah Payakumbuh Masih Dirawat di Tanah Suci

RinaRisna Jumat 07, September 2018 | 10:45:54 wib

Padang, Inmas--Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Haji Padang telah memulangkan sepuluh kloter jamaah haji. Dengan mendaratnya kloter X dini hari tadi, Jumat (7/9) pukul 1.18 WIB di Bandara International Minangkabau (BIM), jamaah haji Debarkasi Padang yang telah kembali ke Tanah Air berjumlah 3.898 orang.

Dari pantauan di Lapangan sampai proses penurunan jamaah dari pesawat garuda boeing 777 seri 300 ER berakhir tidak ada jamaah yang dievakuasi menggunakan ambulance. Walaupun sebelum pesawat landing Kota Padang diguyur hujan deras, namun tidak menggangu kepulangan jamaah haji kloter X.

Jamaah kloter X yang berasal dari Kota Payakumbuh, Pasaman Barat, Kota Pariaman dan Provinsi Bengkulu berangkat ke Tanah Suci berjumlah 392 orang. Ketika kembali ke Tanah Suci berjumlah 390 orang, karena satu diantaranya wafat di Tanah Suci atas nama Zinah Mohammad Sidik (73) asal Bengkulu Tengah.

Sementara  satu orang lagi masih dirawat di Makkah karena sakit. Jamaah atas nama Misbah Umar Marah 69 th, ini berasal dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Pembimbing Ibadah (TPIHI) kloter X saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan Misbah Umar mengalami sesak nafas.

“Ketika di Makkah sebelum kepulangan kloter X ke Tanah Air, bapak Misbah sempat dibawa ke Rumah Sakit untuk rawat jalan dan kembali lagi bergabung bersama jamaah. Namun saat akan pulang ke Tanah Air Bapak Misbah kembali dibawa ke rumah sakit dan dirawat di sana,” terang Darius  melalui telephon selulernya.

Darius, Kasi Bimas Kankemenag Kota Payakumbuh ini berharap Misbah Umar bisa segera pulang bersama jamaah Sumatera Barat yang masih berada di Tanah Suci. “Kita doakan mudah-mudahan beliau bisa segera sembuh dan mendapatkan izin dari rumah sakit Arab Saudi untuk bisa pulang ke Tanah Air,” doa Darius saat menutup wawancara.

Sementara jamaah Bengkulu yang berjumlah 79 orang setelah melakukan pemeriksaan kesehatan dan menyelesaikan proses imigrasi di BIM langsung diterbangkan ke Bengkulu pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Jamaah Bengkulu yang tergabung dalam kloter X ini jamaah terakhir dari Provinsi  Bengkulu, empat Kloter lainnya telah lebih dahulu pulang ke Bengkulu. 

Sementara 311 orang jamaah haji Sumbar, 295 jamaah Payakumbuh, 4 jamaah Pasaman Barat, 3 jamaah Kota Pariaman ditambah 5 petugas dan 1 (satu) TPHD langsung dibawa ke Asrama Haji Debarkasi Padang untuk mengikuti  acara penyambutan dan serahterima dari Pemerintah Provinsi ke Pemerintah Daerah asal jamaah haji.

Diujung acara penyambutan dan serahterima Pembimibng Ibadah (TPIHI), Darius didampingi Ketua Kloter X Syaiful Rizal menyerahkan bantuan untuk gempa lomba. Sumbangan ini dikumpulkan jamaah kloter X saat berada di Tanah Suci, jumlah donasi yang terkumpul 10 juta rupiah. Sumbangan diterima langsung Kakanwil Kemenag diwakili Kabag Tu, Irwan. RinaRisna/Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW