Logo
Mendarat di Terik Matahari, Jemaah Haji Kloter XI Sehat Dan Lengkap - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Mendarat di Terik Matahari, Jemaah Haji Kloter XI Sehat Dan Lengkap

Voni Kurniawati Sabtu 08, September 2018 | 18:12:39 wib

Padang, Inmas—Lebih kurang 2 minggu telah berlalu masyarakat merayakan Hari Raya Besar Islam, Hari Raya Idul Adha. Hari Raya yang juga identik dengan hari pelaksanaan ibadah haji di tanah kelahiran Rasulullah SAW.

Dalam kurun waktu tersebut, jemaah haji Indonesia telah berangsur bertolak ke Tanah Air sesuai rombongan atau kloter yang telah ditentukan, begitu juga halnya jemaah haji embarkasi/debarkasi Padang, Sumatera Barat. Hingga berita ini diturunkan, sudah XI kloter (4.290 orang jemaah) yang mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Minangkabau.

Kepulangan jemaah kloter XI disambut langsung beberapa pejabat daerah asal jemaah di tangga pesawat maskapai kenamaan Indonesia ini. Hal ini sesuai dengan himbauan dari Kakanwil Kemenag Sumbar agar masing-masing daerah bisa menyempatkan diri menyambut para duyufurrahman.

Kloter XI mendarat dengan mulusnya pada pukul 10.45 WIB di BIM dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER, Sabtu (08/09). Jemaah haji yang tergabung dalam kloter ini terdiri dari jemaah Kota Padang sebanyak 62 orang, Kota Pariaman sebanyak 111 orang, Kota Padangpanjang sebanyak 210 orang dan 2 orang jemaah tanazul dari kloter 15 asal Kabupaten Solok.

Petugas haji melakukan sujud syukur ketika sampai di Bandara Internasional Minangkabau. (foto, Voni)

Tampak hadir di landasan pacu BIM untuk menyambut, diantaranya Wakil Walikota Padangpanjang H. Mawardi, Sekda Kota Pariaman Indra Sakti dan Ketua DPRD Kota Padangpanjang H. Novi Hendri. Para pejabat daerah didampingi Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan, mewakili Kakanwil menyapa jemaah.

Saat berangkat ke Tanah Suci, jemaah yang di pandu ketua kloter H. Hendri Yazid dan pembimbing ibadah (TPIHI) H. M. Nur ini berjumlah 390 orang. Dengan adanya 2 orang jemaah tanazul maka jumlah menjadi 392 orang.

Dua jemaah tanazul dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang memungkinkan untuk kembali pulang ke Indonesia sesuai dengan kloter awalnya, kloter 15. Sampai proses penurunan jemaah dari pesawat berakhir, tidak ada jemaah yang mendapat penanganan medis khusus menggunakan ambulance. Walaupun cuaca panas terik pada suhu 29o C namun tidak mengganggu kepulangan kloter XI ini.

Sekitar pukul 12.30 WIB, seluruh jemaah haji telah menempati bus-bus yang disediakan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) debarkasi Padang dan digiring menuju Asrama Haji Tabing Padang untuk mengikuti acara serah terima jemaah dari Ketua Kloter kepada Pemerintah Provinsi dan diserahkan lagi kepada Pemerintah Daerah masing-masing atau Kemenag Kab/Kota asal jemaah.

Pada acara serah terima kali ini, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Provinsi Sumatera Barat, H. Firdaus berkesempatan mewakili Pemprov menerima jemaah bersama-sama dengan seluruh PPIH Debarkasi Padang.

Dalam sambutannya, H. Firdaus mengatakan, “Haji mabrur tidak saja membawa kebaikan kepada diri pribadi tapi juga akan mampu membawa perubahan pada lingkungan sekitar karena bapak/ibu senantiasa menjadi panutan dan motivator di tempat tinggalnya. Semua rangkaian ibadah yang telah bapak/ibu kerjakan selama di tanah suci telah merubah bapak/ibu menjadi muslim sejati.”

“Mari pertahankan dan tingkatkan serta lestarikan ibadah-ibadah itu di tanah air,” himbau Hakim ini.

“Dengan mengucapkan Alhamdulillah, kami sambut kedatangan bapak/ibu dari Tanah Suci dengan suka cita dan selamat berkumpul kembali dengan sanak family. Semoga bapak/ibu menjadi haji yang mabrur. Aamiin,” tutupnya.

Di akhir acara serah terima, diwarnai dengan isak tangis jemaah yang hadir ketika dibawa larut dalam doa bersama yang dipimpin oleh pembimbing ibadah haji kloter XI, H. M. Nur yang juga Kakankemenag Kota Pariaman. Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW