Logo
Kepala BPJPH : Halal Bukan Hanya Label Tapi Proses - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kepala BPJPH : Halal Bukan Hanya Label Tapi Proses

Yesfi Mira Andria Senin 10, September 2018 | 01:58:10 wib

Padang (Inmas)-- Halal Bukan Hanya Sekedar Label Tapi Proses, kalimat ini yang ditekankan oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Ir. Sukoso, M.Sc, PhD  dalam Pembukaan secara resmi Kegiatan Sosiliasai BPJPH di Sumatera Barat, Minggu (9/9).

Kegiatan yang dilaksanakan di Padang Sumatera Barat ini mengambil tempat di Hotel Mercure Padang dengan jumlah peserta sebanyak limapuluh orang yang terdiri dari Kasi Bimas pada Kab/Kota, Penyuluh Agama Islam dari Kab/Kota unsur Urais Binsyar Kanwil Kemenag Sumbar dan unsur Pelaku Usaha. Tema pada kegiatan kali ini adalah Halal Indonesia untuk Masyarakat Dunia.

Lebih lanjut Sukoso menjelaskan BPJPH yang lahir  berdasarkan amat UU nomor 33 Tahun 2014 ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, kepastian ketersedian produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk. Selain itu juga untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal.

“ Yang sedang dilakukan oleh BPJPH saat ini adalah menyelesaikan  kebijakan JPH, menetapkan norma, standar, prosedur, dan kriteria JPH, melakukan sosialisasi, edukasi, dan publikasi Produk Halal, melakukan pengawasan terhadap JPH, melakukan pembinaan Auditor Halal serta Melakukan kerja sama dengan lembaga dalam dan luar negeri di bidang penyelenggaraan JPH,” tuturnya.

Lebih lanjut Sukoso menjelaskan, “ pertama yang perlu kita ingat bahwa  perjuangan untuk menjadikan halal sebagai suatu kewajiban yang harus kita penuhi, walau sudah tertuang dalam undang-undang, tapi kita harus bersyukur setelah proses politik yang panjang akhirrnya mencapai hasil.”

Pesan Sukoso kepada Pelaku Usaha “jangan menagis ketika terusir dari negeri ini karena tidak penerapkan produk halal,” pesannya.

Akhirnya Sukoso berharap Kehadiran BPJPH ini dapat menghadirkan energi halal bagi bangsa Indonesia.

 

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri, Kabag TU H. Irwan, Kabid-Kabid, Kakankemenag Kota Padang serta Kasi pada Bidang Urais dan Binsyar.

Dalam sambutannya H. Hendri menyampaikan Terimakasih kepada BPJPH  atas perhatian ke Sumatera Barat yang membantu Sumbar hidup halal dengan adanya sosilisasi ini.

“Dengan luas wilayah,jumlah penduduk yang begitu luas dan banyak serta suku yang beragam diharapkan dengan kehadiran BPJPH  sangat menunjang adat basandi sarak sarak basandi kitabullah yang menjadi falsafah orang Minag,”, ucapnya

 

 

 

 

Selanjutnya H. Hendri berharap dengan sosialisasi ini peserta dapat ilmu untuk dibawa ke daerah masing-masing melalui  materi yang akan dipaparkan selama tiga hari ini.

 

Pesan Kakanwil kepada peserta apa yang di dapat dalam sosialisasi ini wajib disampaikan ke masyarakat melalui mesjid,  majlis taklim,  BKMT dan permata di nagari-nagari dan menyampaikan ke  penyuluh lain yang tidak bisa ikut pada kesempatan ini, tutupnya

 

Kegiatan juga diisi dengan penyerahan buku Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 dari Kepala BPJPH kepada Kakanwil dan pembukaan sosialisasi dihiasi dengan persembahan tari yang dibawakan oleh siswi MTsN 4 Padang di bawah binaan Kepala Madrasah  Lilis Andriani, M.Pd. (Mira)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW