Logo
Satu Meninggal di Makkah, Satu Lainnya Naik Ambulance - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Satu Meninggal di Makkah, Satu Lainnya Naik Ambulance

Voni Kurniawati Senin 10, September 2018 | 21:09:52 wib

Padang, Inmas – Pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah yang membawa jemaah haji kloter XIII Debarkasi Padang telah mendarat dengan selamat di Bandar Internasional Minangkabau pada pukul 14.57 WIB, Senin (10/09), suhu udara ketika itu berada di angka 30o C.

Masing-masing perwakilan dari pemerintah daerah asal jemaah memenuhi undangan dari Kakanwil Kemenag Sumbar melalui Kakan Kemenag Kab/Kota setempat menjadi tim penjemputan para mujahid yang mendarat. Tampak hadir di landasan BIM, panitia PPIH, Wakil Bupati Kab. Padang Pariaman Suhatni Bur, Kabag Kesra Kab. Dharmasraya Syafuddin, Kakan Kemenag Kab. Dharmasraya dan Plt. Kakan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman.

Dari pantauan tim humas di lapangan, panas terik tidak menyurutkan dan menghilangkan kegembiraan antara yang menyambut dan disambut walaupun ada satu jemaah di evakuasi ke ambulance asal Kab. Padang Pariaman dengan keluhan suhu badan tinggi. Sama halnya dengan kloter-kloter sebelumnya, luapan rasa syukurpun di ekspresikan jemaah dengan sujud syukur di landasan pesawat tersebut.

“Alhamdulillah semua jemaah berada dalam keadaan sehat saat tiba di Ranah Minang. Gangguan kesehatan yang menghampiri jemaah berupa batuk dan panas tubuh yang sedikit meningkat dari batas normal seperti yang ada di ambulance saat ini. Namun, semua itu tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” jelas ketua kloter XIII kepada humas.

Tambahnya lagi, “satu orang jemaah haji kloter XIII atas nama Bustami Tanggoli Adam menghembuskan nafas terakhir di Makkah pada usia 70 th setelah berjuang dengan penyakit asma dan jantung yang diidapnya, jauh sebelum berangkat haji. Semoga almarhum husnul khotimah.”

Seperti biasanya, seluruh jemaah kloter XIII disambut lantunan shalawat di Asrama Haji Tabing Padang dan 5 orang petugas haji serta 1 TPHD menerima pengalungan bunga dari pejabat yang hadir sebagai tanda terimakasih atas segala tugas yang telah dilakukan selama di Arab. 

Menurut laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang, H. Kardinal N, kloter XIII terdiri dari 196 orang jemaah asal Kabupaten Dharmasraya, 188 orang jemaah asal Kabupaten Padang Pariaman, 5 orang petugas kloter dan 1 orang TPHD. Tambahnya lagi, jumlah jemaah saat berangkat ke Tanah Suci 391 orang dan saat balik ke Tanah Air menjadi 390 orang karena 1 orang meninggal.

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM berkesempatan hadir mewakili pemprov menerima secara resmi jemaah dari ketua kloter XIII dan menyerahkan ke perwakilan daerah yang menjemput untuk dikawal pulang ke daerah asal jemaah.

Dalam sambutannya, Kakanwil Hukum dan HAM mengatakan bapak/ibu yang baru pulang dari beribadah haji merupakan umat yang beruntung yang bisa menunaikan rukun islam ke-5 karena walaupun bapak/ibu sudah punya niat atau tinggal menunggu waktu berangkat namun ketika Allah SWT tidak mengizinkan maka semua itu tidak akan terlaksana seperti sekarang ini.  

“Menteri Hukum dan HAM melalui Dirjen Imigrasi selalu mengingatkan kami di daerah, baik di Kanwil maupun di Kantor Imigrasi untuk selalu mendukung pelaksanaan proses ibadah haji dengan cara memberikan pelayanan terbaik baik waktu keberangkatan maupun saat pemulangan seperti sekarang ini. Kami minta maaf jika dalam pelayanan kepada jemaah ada hal yang kurang berkenan sehingga bisa menjadi evaluasi bagi kami,” jelasnya.

“Semoga bapak/ibu menjadi haji yang mabrur dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga tercinta,” tutup pejabat Kemenkumham ini. Voni

 

 

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW