Logo
Empat Belas Kloter Jamaah Haji Debarkasi Padang Telah Pulang ke Tanah Air - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Empat Belas Kloter Jamaah Haji Debarkasi Padang Telah Pulang ke Tanah Air

RinaRisna Selasa 11, September 2018 | 22:28:43 wib

Padang, Inmas--Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Haji Padang telah memulangkan sebanyak 13 (tigabelas) kloter jamaah haji. Pesawat yang membawa jamaah haji kloter XIV mendarat, Selasa (11/9) pukul 17 .04 WIB. Kloter XIV diterbangkan dalam gelombang II, melalui Bandara Amir Muhammmad Bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah menuju Bandara International Minagkabau (BIM).

Sementara untuk gelombang I yang diterbangkan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah telah berakhir saat kedatangan jamaah haji Kloter XIII. Jamaah Debarkasi Haji Padang yang terbang dalam gelombang kedua sebanyak 5 (lima) kloter (13, 14,15, 16 dan 17). 

Jamaah haji kloter XIV (14) berasal Jamaah dari Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Solok Selatan dan Kota Padang berjumlah 392 orang. Kedatangan jamaah Kloter XIV di BIM disambut langsung Bupati Lmapuluh Kota, Irefndi Arbi bersama Kakanwil Kemenag diwakili Kabid PHU, Afrijal dan perwakilan Pemda asal jamaah haji.

Saat proses penurunan jamaah dari pesawat satu orang jamaah haji mendapat penanganan dari tim medis dan langsung dibawa dengan ambulance. Menurut keterangan Dokter Kloter Silvia Rosja, Dasmi M. Juri (75th) jamaah asal Kota Padang didiagnosa DPOK (sesak nafas).

“Sebelum berangkat ke Tanah Suci beliau pernah pernah dirawat di Rumah Sakit. Saat berada di tanah suci ibu Dasmi juga pernah dirawat dan diinfus di penginapan namun tidak sampai dirawat,” terang dokter disela-sela kesibukannya melihat kondisi jamaah.

Setelah menjalani proses imigrasi, jamaah dibawa ke Asrama Haji Tabing dengan sembilan buah bus masing-masing berkapasitas 49 orang. Jamaah sampai di Asrama Haji pukul 19.00 WIB. Jamaah haji TPHI (Tim Pemandu Ibadah Haji) Hidayat, TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) Firdaus bersama tim medis dr. Silvia Rosja, Ns. Melda Kartika, NS Deswan Kharja, TPHD Sidik ilyas, Ahmad Siddiq, Amran.

Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), H. Irwan saat menyambut kedatangan jamaah di Asrama Haji mengatakan, pelaksanaan ibadah haji momentum untuk pengkaderan diri. Selama 40 hari jamaah haji dididik disiplin dalam beribadah.

“Mendengar suara azan kita langsung berduyun-duyun menuju mesjid. Ketika melakukan kesalahan kita segera beristighfar dan minta taubat kepada Allah SWT. Begitu juga saat ada saudara yang membutuhkan pertolongan tanpa diminta kita segera melakukan pertolongan. Untuk itu, pengkaderan itu harus tetap berlaku ketika  kembali dari tanah suci,” papar Irwan.

Dilanjutkan mantan Kasubbag Humas Kanwil ini, kemabruran haji harus dipelihara dan inilah yang akan mengantarkan kita ke surganya Allah. “Ketaatan dan keikhlasan kita selama beribadah di tanah suci serta tindakan sosial kita selama berada di tanah suci harus kita laksanakan juga setelah berada di tanah air. Jika itu sudah kita lakukan insyaallah kemabruran haji akan dapat kita jaga,” harap Kabag TU.

Terakhir ia berharap, jamaah haji menjadi penggerak amar makruf nah mungkar. “Ketika melihat kemungkaran jamaah haji lah mencegah berbagai kemungkaran. Ketika ada  kebaikan maka jamaah hajilah orang pertama yang menjadi pionir yang mengajak untuk melakukan berbagai kebaikan. Sehingga semuanya menjadi orang yang taat kepada Allah, tutup Irwan.

Diakhir acara jamaah haji diserahkan Pemerintah Provinsi yang diwakili Kabag TU Irwan kepada Pemerinta Daerah yang diwakili Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria. Selanjutnya jamaah langsung dibawa pemerintah daerah masing-masing menggunakan bus yang telah menunggu sejak kedatangan jamaah di BIM. RinaRisna & Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW