Logo
Kepulangan Kloter 15 di Sambut Hujan, Satu di Rujuk - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kepulangan Kloter 15 di Sambut Hujan, Satu di Rujuk

Voni Kurniawati Rabu 12, September 2018 | 21:34:18 wib

Padang, Inmas—Bandara Internasional Minangkabau diguyur hujan ketika pesawat yang membawa jemaah haji kloter 15 debarkasi Padang mendarat tanpa kendala pada pukul 17.04 WIB dari Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah, Rabu (12/09). Keadaan tersebut tidak menyurutkan semangat tim penyambutan jemaah kali ini.

Seperti biasanya, Kepala Daerah dan jajarannya dari masing-masing daerah asal jemaah beserta Kakankemenag setempat telah stand bye di VVIP BIM yang didampingi juga Ketua dan anggota PPIH dalam hal ini diwakili Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Afrijal.

Dari pantauan tim humas di lapangan, Asisten II Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman dan Kakankemenag Pasaman didampingi Ketua PPIH menyambut jemaah di tangga pesawat bagian depan dengan ditemani beberapa paramedis yang telah sedia dengan payung besar untuk memayungi jemaah sewaktu turun menuju mobil yang di geser lebih dekat dari jarak biasanya agar tidak terkena hujan.

Sementara itu, Plt. Kakankemenag Sijunjung yang juga merupakan Kakankemenag Tanah Datar sekaligus petugas haji pada kloter IV tahun ini, mendampingi Kabag Kesra Pemerintah Daerah Sijunjung menyambut jemaah di tangga pesawat bagian belakang bersama-sama dengan tim medis dan awak gapura lainnya.

Di tengah-tengah proses penurunan jemaah dari pesawat menuju bus, tim medis KKP juga telah siap sedia dengan ambulance yang akan membawa jemaah asal sijunjung atas nama Sukarni binti Rusdi dengan diagnosa hypertensi menuju poliklinik yang ada di Asrama Haji Tabing Padang dan akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang.

Menurut laporannya sebagai PPIH, H. Syamsuir, Kabid Urais Binsar Kanwil Kemenag Sumbar mengatakan, “jemaah kloter 15 terdiri dari 201 orang jemaah asal Pasaman, 147 orang jemaah asal Sijunjung dan 36 orang jemaah asal Padang. Jadi total jemaah sampai di Ranah Minang saat ini 392 orang setelah dikurangi 1 orang jemaah yang mutasi (tanazul) ke kloter 5.”

“Jadi, jumlah jemaah haji Debarkasi Padang hingga saat ini yang telah berada di Tanah Air sebanyak 5.856 orang beserta petugas dan jumlah yang meninggal 8 orang hingga saat ini. Semoga jemaah yang telah mendahului kita diterima segala amalannya dan diampuni segala dosanya serta ditempatkan di tempat terbaik disisiNya..aamiin,” tutup H. Syamsuir.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Sekretarisnya menyampaikan ucapan terimakasih kepada ketua kloter, pembimbing ibadah dan dokter beserta paramedis yang mendampingi jemaah selama di Tanah Suci. Ucapan terimkasih juga ditujukan untuk seluruh jemaah kloter 15 yang telah bekerjasama, seirama, dan kompak dengan seluruh petugas kloter baik ketua maupun paramedis sehingga semua jemaah bisa lengkap dan sehat sampai di Ranah Minang.

“Semoga tugas yang telah bapak/ibu lakukan dan jalankan bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Semoga menjadi haji yang mabrur,” tutup Sekretaris Dinas.

Acara serah terima jemaah di akhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh pembimbing ibadah kloter 15, H. Albaihaqi Anas. Seluruh jemaah dan tamu undangan larut dalam doa syukur yang dipimpinnya. Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW