Logo
Silaturahim Orangtua Siswa KELAS XI dan XII DI MAN 2 Kota Payakumbuh - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Silaturahim Orangtua Siswa KELAS XI dan XII DI MAN 2 Kota Payakumbuh

payakumbuh Selasa 18, September 2018 | 13:48:23 wib

Payakumbuh, Inmas-- Rapat komite merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di setiap lembaga yang bergerak di bidang pendidikan. Dan hari ini, Selasa (18/09) bertepatan dengan 8 Muharram 1440 H, kegiatan silaturrahim komite diangkatkan di MAN 2 Kota Payakumbuh. Silaturrahim ini dihadiri walimurid yang anak mereka berada di kelas XI dan XII.

Hadir dalam silaturrahim ini Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh yang didampingi Kasi Pendidikan Madrasah dan Pengawas MA Kota Payakumbuh, serta Ketua Komite H. Afdal Mukhtasar.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Mustafa, menyampaikan tujuan utama Rapat Komite untuk menjalin silaturrahim antara orangtua dengan pihak madrasah dan antara orangtua dengan orangtua lain. Mustafa juga menyampaikan tanggungjawab pendidikan sebenarnya tercantum dalam Tri Pusat Pendidikan. Pertama, orang tua. Kedua, pemerintah. Dan ketiga, adalah masyarakat.

Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh menambahkan, bahwa antara Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama dalam hal anggaran sekolah dan madrasah sangat jauh berbeda. Beliau mencontohkan bahwa, kalau Dinas Pendidikan mendirikan sekolah, maka pemerintah menganggarkan dari pengadaan tanah sampai berdirilah bangunan sekolah yang lengkap dengan sarana dan prasarananya. Sementara Kementerian Agama untuk membentuk madrasah negeri, dengan menjadikan madrasah-madrasah swasta yang telah punya tanah dan bangunan.

Di akhir sambutan Kepala Kankemenag menyampaikan bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang, bahkan investasi dunia akhirat. Oleh karena itu, Mustafa menghimbau kepada orangtua agar mau mananamkan saham sebagai investasi dunia akhirat.

Pada kesempatan berikutnya, Kepala MAN 2 Kota Payakumbuh menyampaikan bahwa madrasah-madrasah di seluruh Sumatera Barat pada khususnya sangat diminati. Sehingga keluhan secara umum kekurangan lokal sebagai sarana belajar. Sementara dana DIPA Madrasah sangat terbatas. Maka disinilah peran komite dengan orang tua sangat diharapkan dalam mengatasi persoalan ini.

"Kekurangan sarana akan berimbas kepada ketidaknyamanan belajar siswa. Maka dengan harapan silaturrahim akbar ini dapat mencari solusi terhadap persoalan MAN 2 Kota Payakumbuh ini," sebut Alex Sandra.

Di akhir sambutannya, Alex Sandra menyampaikan tata tertib madrasah yang terkait dengan penggunaan alat komunikasi android (HP Android). Telah disepakati oleh pihak madrasah dengan komite untuk pelarangan membawa dan memakai HP android. Tata tertib ini dikuatkan dengan ditandatangani oleh Pejabat di Kemenag Kota Payakumbuh dan terakhir disahkan oleh Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat.(ul)voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW