Logo
Guru TPQ, MDT dan Ponpes Pasaman Barat Ikuti Pembinaan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Guru TPQ, MDT dan Ponpes Pasaman Barat Ikuti Pembinaan

pasaman barat Kamis 20, September 2018 | 08:03:15 wib

Simpang Ampek, Inmas--Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dan guru Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Pasaman Barat terus dimantapkan, peningkatan kualitas bagi pendidik dan pengajar ilmu-ilmu keIslaman ini pun terus diupayakan.

Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Agama Kab. Pasaman Barat melalui Seksi Pakis yakni diadakannya Pembinaan Guru TPQ, MDT dan Ponpes dengan diikuti 30 guru yang terbagi dari guru TPQ 11 orang, MDT 11 orang dan Ponpes 7 orang.

Pelatihan yang dilaksanakan, Senin, (17/09/2018) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Pasaman Barat ini langsung dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pasaman Barat.

Ketua Panitia Thoharuddin, mengatakan eksistensi TPQ, MDT dan Ponpes sangat penting dalam membekali generasi muda melalui ilmu-ilmu keagamaan yang terkait dengan pembinaan mental dan spiritual, oleh karena itu untuk mengembangkan potensi guru perlu diadakan pembinaan sebab mustahil akan tercapai tujuan pembelajaran apabila guru tidak pernah dibina. 

”Kementerian Agama Kab. Pasman Barat sangat berterima kasih atas jasa bapak/ibu guru TPQ, MDT dan Ponpes. Semoga setiap bentuk pengorbanan yang kita lakukan dengan niat ikhlas ini, dibalasi pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT,”  ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pasaman Barat H. Miswan dalam sambutannya sewaktu membuka kegiatan.

H. Miswan melanjutkan, melalui Pembinaan ini sangat diharapkan, semua guru TPQ, MDTdan Ponpes di Pasaman Barat secara bertahap akan jadi pendidik yang profesional. Melaksanakan fungsi secara efektif dalam penyelenggaran pendidikan Al-Qur’an. Diharapkan pula kepada para peserta agar mampu meningkatkan kualitas anak didik kita  terhadap pengetahuan, keterampilan dan sikapnya serta membentuk karakter sekaligus menjadi teladan ditengah masyarakat.

Semoga dalam kegiatan ini para guru MDT, TPQ dan Ponpes dapat lebih meningkatkan kualitas dan  mutu pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah, TPQ dan Ponpes agar lebih profesional sehingga akan menjadi pendidik yang berkompeten di bidangnya. Bagaimana mendidik santrinya dalam kemampuan membaca, memahami, mengamalkan dan mengajarkan Alquran. Ia juga menghimbau kepada para peserta Pembinaa agar mengikuti materi dengan baik semoga mendapatkan manfaat dari materi yang akan disajikan pada kegiatan ini.

Selain Kepala Kankemenag Pasaman Barat, H. Miswan dan Kepala Seksi Pakis H. Syawal, Ketua Tilawati Center Kab. Tebo, Drs.H. M. Zaki Ahmad menyempatkan diri sebagai Narasumber pada kegiatan ini. (Har/Rina)  

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW