Logo
Dion Sikumbang Beberkan Kunci Public Speaking kepada Dharmawanita Kanwil Kemenag - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Dion Sikumbang Beberkan Kunci Public Speaking kepada Dharmawanita Kanwil Kemenag

RinaRisna Kamis 20, September 2018 | 17:24:15 wib

Padang, Inmas—Pertemuan Dharmawanita Persatuan Kanwil Kemenag kali ini cukup istimewa. Ketua Dharmawanita Ny. Bahirni Hendri bersama pengurus mengemas pertemuan bulanan dengan seminar dan workshop Public Speaking dan Keprotokolan.

Kegiata satu hari ini dibuka Kepala Kanwil Kemenag, Kamis (20/09) di Aula amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar. Hadir Plt. Kabag TU, Kepala Bidang dan seluruh pengurus, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) serta Karyawati Kanwil Kemenag Sumbar. Dikatakan Ny. Bahirni Hendri acara ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan ibu ibu untuk lebih berani berbicara di depan umum.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri dalam arahannya sangat bangga dan mengapresiasi Dharmawanita karena ini sebuah inovasi luar biasa. “Wanita itu, berpengaruh besar terhadap karir suami, 80 persen keberhasilan suami karena adanya dorongan istri,” ujar Hendri.

Tak tanggung-tanggung Dharmawanita menghadirkan narasumber yang sudah tidak asing lagi, Dr. Novrion yang terkenal dengan nama panggung Dion Sikumbang. Usai dibuka Kepala kanwil Dion yang didaulat sebagai public speaker (pembicara) terlihat semangat memberikan ilmu yang ditunggu-tunggu peserta sejak awal.

Dion Sikumbang yang juga dosen Universitas Negeri Padang ini memotivasi angggota DWP hingga pukul 16.30 WIB. Peserta sangat responsif terhadap apa yang disampaikan Dion dalam materinya.

Mengawali materinya, Dion yang juga penyiar RRI sejak masa kuliah ini, mengatakan bahwa ada tiga kunci dasar utama dalam berkomunikasi, intrapersonal (berbicara dengan diri sendiri), interpersonal (berbicara dengan orang lain) dan public speaking (menyampaikan informasi kepada khalayak ramai).

Dion juga membeberkan tiga kunci komuniasi atau three o The key HLP in communication. Pertama good in voice, verbal dan visual, yaitu memiliki kualitas suara (smiling voice), pilihan kata yang fit to dan visual yang Tune In. Yang kedua, Smart in presentation, daya tarik personal, fisik, ganjaran, kesamaan dan kemampuan public speaking. Yang ketiga, Nice in presentation (humble. Honest, patient dan maturity), papar Dion.

Tak hanya itu, Dion Sikumbang juga mengajak ibu ibu dharwanita Kemenag ini untuk tes vokal. Pada sesi ini, Dion mengajak ibu-ibu untuk mempraktekkan cara mengambil nafas sampai mengukur rang suara. Suasana semakin rame dan akrab karena sebagian besar anggota dharmawanita ini pernah berlatih vokal. Aula Kanwil Kemenag sontak berubah menjadi rame saat mengeluarkan bunyi Rrrrrrrrrrrr,, untuk melatih nafas, vibra dan gerimik suara.

Dion yang juga alumni madrasah ini memberikan kesempatan kepada ibu-ibu untuk bertanya dalam sesi tanya jawab. Setelah shalat ashar, kegiatan seminar sehari perdana Dharmawanita Kanwil Kemenag ini ditutup Kepala Bagian Tata Usaha, H. Irwan. Dikatakan Kabag TU, Dharmawanita harus bisa menopang kinerja suami. Karena apapun yang dilakukan suami semuanya untuk ibu-ibu," ungkap suami Devi ini. (RinaRisna)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW