Logo
Kakanwil : Tata Naskah Dinas dan Keprotokolan Urgent Bagi Lembaga - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kakanwil : Tata Naskah Dinas dan Keprotokolan Urgent Bagi Lembaga

Dewi Minggu 23, September 2018 | 19:41:35 wib

Padang, Inmas--Mewujudkan tertib administrasi persuratan dan kearsipan dengan harapan meningkatkan pelayanan publik menjadi tujuan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Tata Naskah dan Keprotokolan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dengan pelaksana Subbag Umum. Hal tersebut disampaikan Efi Yoskar Kasubbag Umum Kanwil Kemenag Sumbar dalam laporan panitia saat pembukaan acara Bimtek tersebut, Minggu (23/09).

Bertempat di hotel Amaris Padang, kegiatan Bimtek akan dilaksanakan selama 3 hari mulai Minggu (23/09) hingga Selasa (25/09) mendatang, diikuti 80 orang peserta dari utusan Kabupaten Kota, UIN Imam Bonjol, IAIN Bukittinggi, Balai Diklat, UPT Asrama Haji, serta ASN pada Kanwil Kemenag Sumbar.

Efi Yoskar menambahkan dalam laporannya, dari 80 peserta nanti akan dibagi dua menjadi 40 orang pada Bimtek Tata Naskah dan 40 orang pada Bimtek Keprotokolan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri menyampaikan Tata Naskah dan Keprotokolan sangatlah penting bagi setiap instansi karena telah diatur negara dengan  Undang undang No. 9 tahun 2016 tentang Tata Naskah Dinas dan No 9 tahun 2010 tentang Keprotokolan.

“Masih banyak instansi yang menggunakan tata persuratan dengan model lama, hal ini akan berimbas kepada pimpinan,” tegas Hendri.

“Ada 17 Kewajiban ASN yang diatur undang undang, salah satunya mentaati peraturan yang berlaku maka peraturan tentang tata naskah dan keprotoklan sudah menjadi kewajiban untuk ditaati karena sudah diatur undang undang,” tegas Hendri lagi.

Hendri menambahkan, keprotokolan sangat menentukan penghargaan orang terhadap kepemimpinan, dan protokoler harus bersinergi dengan protokoler pad instansi lain agar terbentuk kesepahaman.

Diakhir sambutan Hendri menyampaikan, “untuk maju itu tergantung diri sendiri, usaha dan doa maka kita merobah segala hal ke lebih baik salah satunya dengan serius mengikuti kegiatan ini dan dipraktekan nantinya di instansi masing-masing.” [DW|Voni]

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW