Logo
Kakan Kemenag Tandatangani Kerjasama Bidang Pendidikan Dengan UNP - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kakan Kemenag Tandatangani Kerjasama Bidang Pendidikan Dengan UNP

Yonadri Rabu 10, Oktober 2018 | 17:00:07 wib

Batusangkar, Inmas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Datar Syamsul Arifin menandatangani kerjasama dengan dengan Rektor Universitas Negeri Padang wakili Ketua Prodi Bidang Study Biologi Dr. Yuni Ahda di aula Kemenag Tanah Datar, Rabu ( 10/10).

Isi kerjasama ditandatangani itu berisikan kerjasama di bidang Pelaksanaan Pendidikan, Pelaksanaan Penelitian dan Pelaksanaan Pengabdian masyarakat.

Kakan Kemenag sangat berterima kasih dan menyambut baik dengan adanya kerjasama tersebut dan terlaksananya kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi (MIFA) berlangsung sehari itu.

Kakan Kemenag Syamsul Arifin dalam arahannya mengaharapkan dengan adanya kerjasama tersebut dapat menciptakan peningkatan pendidikan bagi guru mata pelajaran Matematik , Fisika, Kimia dan Biologi pada madrasah tingkat Aliyah (MA).

Sebelumnya kegiatan MGMP MIPA yang berlangsung sehari penuh itu dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Tanah Datar diwakili Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Yusmarli .

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi digelar dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Padang (UNP) mengangkat Tema Diseminasi Multimedia Pembelajaran Genetika Dalam Daya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru-Guru Bidang Study Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi (MIFA) pada Madrasah Aliyah (MA) se Kab. Tanah Datar.

Kepala Kemenag dalam arahannya ketika membuka secara resmi kegiatan MGMP MIPA tersebut mengharapkan dan ingin menjadikan madrasah hebat dan bermartabat, tentu juga dibarengi dengan guru-guru madrasah yang profesional, hebat dan bermartabat.

Dia menambahkan agar siswa tamatan madrasah yang akan datang juga  mampu melahirkan dokter-dokter yang hebat dan bermartabat. Untuk menciptakan siswa yang hebat itu diperlukan guru-guru madrasah yang bisa menjadikan anak didiknya sadar untuk meluangkan waktu ingin belajar.

Disamping itu Kakan Kemenag mengatakan bahwa guru-guru madrasah di Kab. Tanah Datar haus dengan pendidikan. Karena itu dia mengharapkan agar dosen-dosen UNP bertindak selaku nara sumber di acara MGMP tersebut dapat melahirkan guru yang hebat dan mampu berprestasi pada kegiatan lomba Kompetisi Sain Madrasah (KSM) dan Olimpiade pendidikan baik tingkat Prov. Sumbar maupun tingkat Nasional.

Sementara itu menurut laporan Ketua MGMP Tingkat MA Dra.Hj. Gusminarni, M.Si menjelaskan kegiatan MGMP MIPA tersebut diikuti sebanyak 30 orang pserta yang berasal dari Guru tingkat MA se kab. Tanah Datar.

Sementara para Nara sumber yang memberikan materi berasal dari dosen-dosen UNP masing-masing mereka ialah Yuni Ahda, Dwi Hilda Putri, Dezi Handayani, Irma Lailani dan Bayu Tirta Sukmana.

Ikut memberikan sambutan Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) Dr. Dwi Hilda Putri.

Hadir dalam kegiatan MGMP MIPA itu Ketua Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah ( K3 MA) H. Maswardi, Koordinator MGMP Firmawati Anwar, dan Pengawas Kemenag Husaini.  (Yon)|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW