Logo
Kemenag Kota Padang Matangkan Persiapan Launching PTSP - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kemenag Kota Padang Matangkan Persiapan Launching PTSP

KUA Nanggalo Jumat 12, Oktober 2018 | 11:56:15 wib

Padang, Inmas--Terkait instruksi Menteri Agama RI setiap Kantor Kementerian Agama (Kemenag) harus segera merealisasikan program PTSP, Kantor Kemenag Kota Padang  yang sudah memulai hanya tinggal menunggu di-launching melaksanakan rapat teknis pelaksanaan PTSP bertempat di Aula Saili Tamin Kemenag Kota Padang, Jum’at (12/10). 

Rapat dipimpin langsung Ketua pelaksana  Aprizal didampingi Sekretaris, Bendahara, Seksi-seksi, Kasubbag TU, Para Kasi serta para petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

”Insya Allah, sistem ini segera di-launching oleh Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Agama provinsi Sumatera Barat  Bapak H. Hendri tepatnya 17 Oktober 2018,” kata Kepala Kantor Kemenag Kota Padang H. Marjanis.

Menurutnya, ada tiga hal yang melandasi Kemenag Kota Padang merealisasikan Program PTSP itu. Di antaranya, UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. UU ini langsung direspons Menteri Agama dengan mengeluarkan PMA Nomor 65 Tahun 2016 tentang Pelayanan Terpadu pada Kementerian Agama.

Kemudian, pernyataan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar untuk dapat segera merealiasikan PTSP di lingkungan Kementerian Agama se-Sumbar. Bahkan Hendri menilai, proses pelayanan yang berlangsung di kantor terlalu banyak birokrasi dan meja yang harus dilewati.

Ketua Panitia Aprizal menyampaikan bahwa pelaksanaan launching PTSP semangkin dekat, maka perlu persiapan sarana dan prasarana, alur tugas, teknis pelayanan, simulasi, seluruh panitia untuk mendukung pelaksanaan Launching  PTSP tersebut.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempermudah, meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat serta memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan cepat, mudah dan transparan. 
“Bagi masyarakat, dengan adanya PTSP masyarakat dapat memperoleh pelayanan publik yang lebih baik,” lanjut Aprizal.

Dengan demikian  perlu dukungan yang kuat dari seluruh tehnis dan panitia, diharapkan dapat mengikuti semua kaidah kaidah pelayanan satu pintu sehingga mampu mewujudkan pelayanan publik yang terukur misalnya melalui survei tingkat kepuasan masyarakat. (rapi)|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW