Logo
Hadir di Sumbar, Ny. Trisna Willy Lukman : Dharmawanita Harus Mampu Menjadi Contoh - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Hadir di Sumbar, Ny. Trisna Willy Lukman : Dharmawanita Harus Mampu Menjadi Contoh

RinaRisna Senin 15, Oktober 2018 | 13:02:14 wib

Padang, Inmas—Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat, Senin (15/10). Menag RI didampingi istri, Trisna Willy mengikuti dua agenda berbeda. Menag menghadiri Seminar International di IAIN Batusangkar sementara Penasehat Dharmawanita ini melakukan pembinaan Dharmawanita Kanwil Kemenag Sumatera Barat. Selanjutnya Menag juga akan meresmikan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kanwil Kemenag Sumbar.

Sesampai di Kanwil Kemenag Sumbar Pembina Dharmawanita beserta rombongan disambut tari pasambahan oleh siswa MAN 1 Padang yang dikolaborasikan dengan gandang tasa. Ketua Dharmawanita Ny. Bahirni Hendri mengucapkan selamat datang kepada Ny. Trisna Willy Lukman yang juga didampingi Ketua Dharmawanita IAIN Batusangkar.

Kepada istri Menag, Ny. Bihirni melaporkan kegiatan pembinaan ini dihadiri 300 pengurus dan anggota dharmawanita se Sumatera Barat. Ia juga menyampaikan dharmawanita unit Kanwil Kemenag Sumatera Barat memiliki berbagai program untuk meningkatkan wawasan anggota. “Setiap bulan, pertemuan dharmawanita diisi dengan program tausiah, keterampilan, kesehatan, kecantikan dan masak memasak,” ungkap Ny. Bahirni Hendri.

Sementara itu Ny. Trisna Willy dalam arahannya mengapresiasi kehadiran dan semangat dharmawanita se Sumatera Barat. “Menjadi anggota Dharma Wanita amanah yang harus diemban secara otomatis seorang istri Pegawai Negeri Sipil. “Apalagi kalau suami merupakan pejabat, ibu harus mampu memberikan contoh yang baik, tidak saja di lingkungan Dharma Wanita tetapi juga di lingkungan tempat tinggalnya,” ungkap Trisna.

Karena ibu adalah cermin suami lanjut istri Menag, jabatan atau kedudukan seorang anggota Dharma Wanita melekat secara otomatis. Pada posisi tersebut, sang istri harus mampu mengimbangi dengan meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kepribadiannya secara proporsional, untuk menghindari ketimpangan yang bisa berakibat pada perpecahan.

Dikatakannya, wanita Indonesia merupakan bagian tak terpisahkan dari pergerakan bangsa Indonesia. Kaum wanita berjuang untuk memajukan serta meningkatkan kedudukan wanita Indonesia dan berpotensi besar dalam mengisi pembangunan bangsa. Karena itu, organisasi harus bergerak dengan paradigma aktif.

Perlu saya tekankan pada kesempatan kali ini kata ibu berdarah Kubang Limapuluh Kota ini, sebagai anggota Dharma Wanita, sesungguhnya kita memiliki posisi yang sangat strategis sebagai seorang perempuan dan ibu sekaligus.

“Tidak dapat dipungkiri banyak kaum perempuan yang telah membuktikan diri mampu berkiprah dalam bidang-bidang bergengsi, sehingga masalah gender kini tidak lagi menjadi isu yang menonjol, sehingga patut kiranya kita berbangga atas hal ini,” terang Trisna Willy.

Di akhir arahannya, Trisna Willy menantang pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Kemenag Sumbar untuk menciptakan program-program yang kreatif, inovatif, dan memenuhi kebutuhan hajat kita semua. “Program-program tersebut tidak perlu terlalu besar tetapi pentingkan keberlanjutannya. Tidak sekali terselenggara, setelah itumati untuk sekian lama,” pinta Istri Lukman Hakim Saifuddin ini.

“Saya yakin, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat ini mampu mengawal organisasi dengan baik dan akan menjadi teladan bagi rekan-rekannya yang lain,” katanya mengakhiri.

Kegiatan Dharmawanita ini juga diisi dengan sosialisasi SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi). Tampak keakraban antara Ny. Trisna Willy bersama pengurus dan anggota dharmawanita dalam game SPAK. Sepertia biasa kegiatan pembinaan ditutup dengan foto-foto dan selfi dari ibu-ibu yang memakai seragam hijau. RinaRisna  

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW