Logo
Diresmikan Menag, Disposisi Digital Unggulan PTSP Kemenag Sumbar - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Diresmikan Menag, Disposisi Digital Unggulan PTSP Kemenag Sumbar

RinaRisna Senin 15, Oktober 2018 | 17:23:59 wib

Menag RI, Lukman Hakim Saifuddin beserta istri, Gubernur, Rektor UIN didampingi Kakanwil meninjau ruanganan PTSP usai diresmikan Menag RI (foto Rina)

Padang, Inmas—Resmikan PTSP ke 15, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (LHS) akui PTSP Kanwil Kemenag Sumatera Barat memiliki layanan terbanyak dari Kanwil se Indonesia yang telah meresmikan PTSP. Hal ini diungkapkan saat peresmian PTSP Kanwil Kemenag Sumbar, Senin (15/10)

“Ini adalah PTSP ke-15 yang telah diresmikan, kelebihan dari PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kanwil Kemenag Sumbar Memiliki 40 layanan dan layanan ini terbanyak se-Indonesia,” ungkap LHS didampingi Gubernur dan Kakanwil.

Namun Menteri Agama berharap PTSP ini tidak boleh berhenti sampai pada 40 layanan ini dan harus terus bertambah. Menteri Agama juga tertarik dengan sebuah terobosan yang dilakukan Kanwil Kemenag Sumbar yaitu disposisi surat secara digital. Sehingga semua kita bisa memantau surat yang harus ditindak lanjuti. Disposisi digital ini juga yang membedakan PTSP Kanwil Sumbar dengan PTSP yang sudah ada.

Dikatakan Sumando rang Sumatera Barat ini PTSP adalah wujud dari upaya kita mengimplementasikan pelayanan secara lebih terintegrasi dan terpadu. Sehingga dengan fasilitas media online, internet, proses digitalisasi kita ingin memberikan layanan tetapi lebih mudah diakses oleh masyarakat. Inilah berkah dari informasi komunikasi yang hidup di tengah-tengan kita.

“Kita harus mengubur cerita lama bahwa surat itu harus mengendap, terkubur berhari-hari berminggu-minggu. Bahkan untuk mendapatkan satu informasi kita harus dilempar- lempar dari satu meja ke meja lain, dari satu ruangan ke ruangan lain, dari satu lantai ke lantai lain. Betapa sulitnya masyarakat kita hanya sekedar mendapat satu informasi, yang mestinya itu menjadi hak mereka,” tegas Menag di Hadapan jajaran Kemenag se Sumatera Barat

Menag RI Lukman Hakim Saifuddin didampingi istri, gubernur, Rektor UIN Imam Bonjol dan kakanwil menandatangai prasasti, tanda diresmikannya PTSP Kanwil Kemenag Sumatera Barat (foto : Rina)

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri mengungkapkan bahwa PTSP didirikan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. “PTSP sebuah terobosan untuk lebih mendekatkan Kementerian Agama kepada umat dan masyarakat,”.

Kakanwil bertekad usai diresmikan PTSP Kanwil Kemenag, PTSP di Kemenag Kabupaten/Kota se Sumatera akan selesai menjelang berakhirnya tahun 2018. Karena melalui PTSP pelayanan kepada masyarakat akan lebih mudah, murah, cepat dan lebih terukur, ungkap putra Agam ini.

Kakanwil juga menyampaikan, untuk meningkatkan ketahanan keluarga dan kehidupan beragama Kanwil mulai dari KUA, dan Kementerian Agama kab/kota telah melaksanakan Berkah (Belajar Rahasia Nikah) dan sapa (Sarapan Pagi bersama Penyuluh) . Hari ini hadir Penghulu, Kepala KUA dan Penyuluh, Kepala madrasah, pimpinan pondok pesantren yang siap mendukung dan menjalan berbagai program Kementerian Agama.

Sementara Gubernur Sumatera Barat, Irwan Praytno memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama RI yang selama ini telah melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat  di Sumatera Barat. Apalagi pada hari ini ada tiga agenda besar yang menambah kualitas layanan semakin baik yaitu launching PTSP, Sapa Penyuluh dan Berkah.

“Kami sangat bahagia dan senang karena masyarakat Sumatera Barat yang banyak berurusan dengan Kemenag satu persatu telah membenahi diri dan semakin modern, semakin maju dengan menggunakan digital informasi teknologi untuk memudahkan semua urusan,” ungkap Irwan dengan bangga.

Gubernur juga berharap, berbagai program khususnya ini perlu disosialisasikan dan perlu diinformasikan kepada masyarakat melalui aparat yang dimiliki mulai dari Kepala KUA, Penyuluh dan Kemenag kab/kota sehingga pelayanan yang ada semakin terasa karena masyarakat menjadi tau adanya program yang kita miliki, tentunya dengan pelayanan digital ini," begitu pesan gubernur. RinaRisna

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW