Logo
Kali Kedua Kemenag Sumbar Raih Rekor Muri - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kali Kedua Kemenag Sumbar Raih Rekor Muri

RinaRisna Selasa 16, Oktober 2018 | 15:52:31 wib

Padang, Inmas—Penghargaan MURI (Musium Rekor Indonesia) kembali diraih Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat. Rekor Muri ini penghargaan kedua setelah Rekor Muri Pertama Deklarasi Cinta Kerukunan Terbanyak se Indonesia tahun 2017 lalu. Deklarasi yang menghadirkan 2.500 umat lintas agama ini juga dihadiri Menag RI, Lukman Hakim Saifuddin.

Kembali, tahun 2018 Kanwil Kemenag Sumbar yang dimotori Kasubbag Hukum dan KUB, M. Rifki menerima Rekor Muri. Penghargaan Rekor Muri Laboratorium KUB (Kerukunan Umat Beragama) Pertama se Indonesia ini diserahkan Menteri Agama RI kepada Kakanwil Kemenag, saat launching PTSP Kanwil Kemenag Sumbar, (15/10) kemarin.

Menurut  M. Rifki saat diwawancara, Selasa (16/10) mengatakan Labor FKUB dibangun tahun 2018 dan ini yang pertama untuk wilayah Indonesia. Selain Labor ini juga difungsikan sebagai ruangan pertemuan tokoh-tokoh lintas agama.

Dikatakan Rifki, ada beberapa tujuan dan latarbelakang lahirnya laboratorium kerukunan umat beragama sebagai sarana dan prasarana untuk pembelajaran tentang seluk beluk Kerukunan umat beragama. Sebagai dokumentasi berbagai perisitiwa yang berhubungan dengan penguatan kerukunan umat beragama.

Dilanjutkan mantan Kasubbag Informasi dan Humas ini, labor FKUB  sebagai sarana untuk mempelajari segala hal tentang rumah ibadah seluruh umat beragama Mengenal atribut keagamaan dan alat untuk mempererat kerukunan Foto foto, video tentang kerukunan, buku buku dan karya ilmiah tentang kerukunan  buah karya anak bangsa. Di lengkapi dengan tempat selvie kerukunan

Selanjutnya, memberikan pemahaman dan wawasan Multrikultural bagi siswa, Mahasiswa dan Masyarakat melalui penyediaan sarana pembelajaran aktif. Memberikan pengetahuan kepada siswa, mahasiswa dan masyarakat tentang perjalanan sejarah Kerukunan Umat Beragama di tanah air dan Sumatera Barat khususnya.

Terakhir, kata M. Rifki menjelaskan kepada publik tentang simbol simbol agama termasuk ekspos maket mini berbagai rumah ibadah masing-masing agama serta ajaran masing-masing agama tentang penguatan KUB.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat menyampaikan apresiasi atas raihan Rekor ini. Penghargaan ini tentu menjadi kebanggaan bagi Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Rekor Muri ini juga akan menjadi media sekaligus gudang informasi tentang kerukunan umat beragama, ungkap Kakanwil. RinaRisna

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW