Logo
Bimbingan Manasik Haji Latih Jamaah Untuk Mandiri - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Bimbingan Manasik Haji Latih Jamaah Untuk Mandiri

Kemenag Agam Minggu 28, Oktober 2018 | 22:08:41 wib

Agam, Inmas--Setiap jamaah haji diharapkan mandiri dalam artian mampu mengurus diri sendiri baik keperluan pribadi maupun keperluan pelaksanaan ibadah.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Agam H. Edy Oktafiandi pada pembukaan manasik haji KBIH Almabrur kabupaten Agam, Ahad (28/10) di aula pelayanan haji Kemenag Agam Belakang Balok Bukittinggi.

Lebih lanjut Edy menjelaskan bahwa ibadah haji adalah ibadah yang memiliki banyak dimensi. Ada dimensi rohani, dimensi jasmani, mal atau harta, dimensi fikri atau fikiran, qauli atau ucapan dan lain-lain.  Semua itu menjadi satu kesatuan dalam pelaksanaan ibadah haji. 

"Kemandirian jamaah sangat dituntut agar dalam pelaksanaan ibadah haji bisa sempurna," ujarnya.

"Kegiatan manasik haji yang dilaksanakan KBIH setidaknya bertujuan menanamkan nilai ruhiyah, qalbiyah agar calon jamaah memiliki rasa dan semangat berhaji, kemudian memberikan pemahaman keilmuan dan praktek manasik haji serta membina rasa korsa dan toleran sesama jamaah," terang Edy. 

Ketua KBIH Almabrur kabupaten Agam Darnis Burhan Dt. Bagindo Sati menjelaskan bahwa manasik haji ini diikuti 250 orang calon jamaah haji kabupaten Agam. Berdasarkan jadwal yang telah disusun akan dilaksanakan sebanyak 40 kali pertemuan.  

Adapun narasumber berasal dari Kemenag Agam, MUI, Dinkes, IPHI dan instruktur haji dari KBIH Almabrur.  [Alwi]|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW