Logo
Kontingen Sumbar Gondol Juara 1 Lomba K3 di PPSN V Jambi - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kontingen Sumbar Gondol Juara 1 Lomba K3 di PPSN V Jambi

Voni Kurniawati Selasa 30, Oktober 2018 | 11:47:07 wib

Padang, Inmas—Acara penutupan PPSN Tk Nasional Ke V di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa Sungai Gelam Provinsi Jambi, Selasa (30/10), berlangsung tertib dan khidmat. Acara diawali dengan laporan panitia pelaksana, sambutan dari Dirjen Bimas yang diwakili Direktur PD Pontren Kemenag RI hingga pelaksanaan upacara penutupan dengan diakhiri penurunan bendera.

Dalam sambutannya sebelum upacara penutupan, Direktur PD Pontren Kemenag RI, Ahmad Zayadi menyampaikan bahwa peserta PPSN kali ini merupakan peserta terbanyak dari PPSN sebelumnya dengan jumlah 3011 orang dan jika dihitung dengan pendamping serta peninjau berjumlah sekitar 4646 orang.

“Kegiatan PPSN ini sangat strategis bagi pramuka dalam upaya percepatan revitalisasi pramuka khususnya pramuka di Pondok Pesantren. Selain itu, kegiatan ini merupakan ajang pembuktian bahwa santri hari ini sangat intelek dan melek dengan teknologi informasi,” tambahnya.

“Kegiatan PPSN selama 7 hari ini telah diisi dengan berbagai kegiatan baik yang bersifat wawasan, pengetahuan, keterampilan dan petualangan sebagai aplikasi kegiatan kepesantrenan dan keislaman para santri. Selain kegiatan yang telah tercantum dalam buku panduan peserta, telah dilaksanakan juga kegiatan pramuka peduli lingkungan yang berorientasi pada kebersihan lingkungan perkemahan PPSN V,” jelas Direktur.

“Kegiatan selama perkemahan juga termasuk kegiatan seleksi peserta terbaik peraih Golden Ticket 2nd Asean Scetro (Scout Educational Recreation Tour) yang akan diberangkatkan ke daerah Vietnam, Kamboja, Thailand, Singapura dan beberapa negara ASEAN lainnya,” tutup Ketua Kwartir Daerah ini.

Setelah menyampaikan sambutannya, Ahmad Zayadi selaku Ketua Kwartir mengumumkan para pemenang berbagai lomba selama perkemahan berlangsung di Buper Sungai Gelam. Dari sekian banyak perlombaan, Sumatera Barat berhasil meraih Juara 1 pada Lomba K3 Putera dengan perolehan nilai 278.

Sementara itu untuk kategori Anjungan Provinsi, Sumatera Barat harus berpuas diri dengan perolehan nilai 172 sebagai Juara II walaupun Anjungan Sumbar merupakan anjungan pengunjung terbanyak selama perkemahan. Sedangkan untuk Lomba Festival Film Pendek Pramuka Santri, Sumatera Barat meraih Harapan II dengan perolehan nilai 227.

Mengenai penerima Golden Ticket Asean Scetro, Kasi Pontren Kanwil Kemenag Sumbar, Yosep Khairul mengungkapkan kegembiraannya dengan terpilihnya Fauzi Taufikurrahman sebagai wakil Sumbar pada ajang bergengsi tersebut. “Perolehan ini bukan didapat cuma-Cuma tetapi melalui beberapa tahapan seleksi,” jelas Kasi Pontren ketika diwawancarai sebelum penyerahan hadiah di lokasi perkemahan.

Acara ditutup dengan upacara penurunan bendera dan pemberian hadiah kepada masing-masing pemenang lomba selama perkemahan. Dan tak lupa, Ketua Kwartir menyampaikan harapannya untuk penyelenggaraan PPSN berikutnya agar penanganan sampah di lingkungan perkemahan menjadi salah satu item yang dilombakan untuk membangun kesadaran dan kepedulian santri terhadap kebersihan lingkungan. Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW