Logo
Dari Ranah PPSN, Santri ICBS Payakumbuh Wakili Sumbar di ASEAN SCETRO - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Dari Ranah PPSN, Santri ICBS Payakumbuh Wakili Sumbar di ASEAN SCETRO

payakumbuh Selasa 30, Oktober 2018 | 20:35:50 wib

Payakumbuh, Inmas--Doa masyarakat Payakumbuh saat melepas Kontingen PPSN pada momen peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kampus ICBS tanggal 22 Oktober 2018 dikabulkan. Pasalnnya, santri ICBS yang tergabung dalam kontingen PPSN Sumbar mampu tampil maksimal di PPSN V Tingkat Nasional di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa, Muaro Jambi Provinsi Jambi.

Dalam PPSN V yang diselenggarakan Kemenag Pusat sejak tanggal 24 hingga 30 Oktober 2018 dan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, kontingen PPSN Sumbar yang dipimpin langsung Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri mampu toreh prestasi dengan meraih Juara Harapan II pada pembuatan film pendek.

Yang paling menggembirakan sekali ditunjuknya salah seorang siswa ICBS Payakumbuh bernama Fauzi Taufikuurahman sebagai wakil Sumbar pada ASEAN SCETRO (Scout Educational Recreation Tour) setelah melalui beberapa tahapan seleksi. 

Kepala Kankemenag Payakumbuh melalui Pembina PPSN Kota Payakumbuh H. Hasnul Fakhri yang tergabung di Kontingen PPSN Sumbar melalui telepon selulernya Selasa (30/10/2018) menyebutkan bahwa santri ICBS yang tergabung dalam kontingen PPSN Sumbar mampu mengharumkan nama baik daerah.

"Pada PPSN V Tahun 2018 di Jambi, santri kita mampu meraih juara harapan II dalam pembuatan film pendek pramuka santri. Selain itu ada salah seorang santri kita lolos seleksi ASEAN SCETRO yang direncanakan Bulan April 2019 mendatang, yakni Fauzi Taufikurrahman (putra Kasi PDPP Kemenag Sijunjung). Fauzi nantinya akan bergabung dengan perwakilan setiap provinsi di Indonesia dan akan mengunjungi 5 negara di ASEAN, khususnya dalam hal kepanduan," beber Hasnul .

"Sebelumnya pada tahun 2015, kegiatan 1st ASEAN SCETRO (Scout Educational Recreation Tour), mengunjungi 5 (lima) negara di ASEAN yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, Kamboja, Singapura dan Malaysia. Untuk kunjungan tahun ini panitia akan umumkan nanti," imbuh Hasnul didampingi Yusuf, pembina Pramuka ICBS.

"Tentunya kita bangga, santri ICBS Fauzi Taufikurrahman bersama Nuzul Fadhli Ramadhan dan kawan-kawan berhasil meraih juara harapan II Lomba Film Pendek Pramuka Santri," tukuknya.

Sementara Pimpinan ICBS Payakumbuh Ustadz Roni Patihan melalui akun resmi ICBS menulis bahwa berdasarkan petunjuk teknis dari panitia PPSN, Lomba Film Pendek tersebut dikemas dalam konsep Road Movie dengan tema “Mewujudkan Pramuka Santri yang Inovatif, Santun, Edukatif, Mandiri, dan Berakhlakul Karimah. Produksi film dilakukan 5 orang per kontingen dengan pakaian seragam pramuka, dan lokasinya harus di bumi perkemahan dan sekitarnya.

Pimpinan ICBS Payakumbuh, Roni Patihan yang langsung mendampingi para santri ke Jambi mengaku cukup puas dengan raihan prestasi para santrinya itu. 

“Alhamdulillah, hasil harapan kedua pada lomba film tingkat nasional ini sudah begitu membanggakan,” tulis Roni. Di sisi lain, Alumnus LIPIA Jakarta itu menuturkan, memang ada kendala ketika proses produksi film tersebut dilakukan. 

“Nuzul Fadhli Ramadhan yang bertindak sebagai Sutradara dan Editor menderita sakit sehingga tak bisa langsung melakukan pengambilan gambar. Mungkin lain cerita kalau Nuzul dalam keadaan sehat. Namun begitu, para santri sudah memberikan kemampuan terbaiknya. Selamat, barakallah,” tukuk Ustaz Roni di akun resmi ICBS. (ul/Rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW