Logo
2 Siswa ROHIS dari Kota Payakumbuh Berjuang di Nasional - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

2 Siswa ROHIS dari Kota Payakumbuh Berjuang di Nasional

payakumbuh Selasa 06, November 2018 | 14:58:37 wib

Payakumbuh, Inmas--Perkemahan Rohani Islam (Rohis) tingkat Nasional Ke 3 Tahun 2018 dipusatkan di Negeri Laskar Pelangi, tepatnya di Bumi Perkemahan Juru Seberang Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 5 hingga 10 November diikuti 1.153 siswa SMA/ SMK se Indonesia. Untuk kontingen Provinsi Sumateta Barat, dua orang siswa berasal dari Kota Payakumbuh. 

Acara rutin dua tahunan yang  mengedepankan tema Berbagi di Bumi Laskar Pelangi ini dibuka resmi Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifudin bersama Direktur Pendidikan Agama Islam Rohmat Mulyana Sapdi dan Dirjen Pendidikan Islam Kamarudin Amin bersama pemerintah setempat. Sebelumnya kegiatan yang sama sudah digelar di Buper Cibubur tahun 2016, lalu.

Dalam kegiatan diawali dengan Rohis Ngopi Bareng Menteri Agama diungkap bahwa Rohis sangat berperan penting membantu mengisi kemerdekaan. Selain mampu menangkal radikalisme dan hoax, Menag menyebut Rohis mesti mampu menjadi pegiat kerohanian Islam di sekolah umum.

Selain menyampaikan 3 pesan penting, Menag Lukman Hakim Saefudin juga menghimbau Rohis untuk meneladani kepribadian Rasulullah Muhammad SAW.

"Islam dijawab Damai, NKRI dijawab Harga Mati, dan Rohis dijawab Menebar Manfaat. Manusia terbaik adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya," sebut Menag sembari pimpin yel-yel penyemangat peserta perkemahan Rohis Nasional Ke 3 Tahun 2018 yang mengusung tema inti Membentuk Generasi Islam Milenial yang Literat dan Moderat.

Terkait 2 orang siswa Payakumbuh yang ikut dalam ajang ini, dan bergabung dengan Kontingen Sumbar dibeberkan Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh melalui Kasi PAIS Sri Yusnita, Selasa (06/11/2018) pagi.

Menurut Sri Yusnita, 2 orang siswa dari Payakumbuh adalah Agustullah Rizki dari SMA ICBS untuk Cabang Tilawah dan Muhammad Rabil Septinas dari SMAN 2 Payakumbuh untuk Cabang Khutbah Jumat. Mereka mendapatkan tiket ke nasional setelah berhasil menjadi juara untuk tingkat putra pada ajang Perkemahan Rohis Tingkat Sumbar di Bumi Perkemahan Tiger Camp Lubuk Minturun, Padang, awal September lalu.

"Alhamdulillah, anak kita terpilih 2 orang dan bergabung dengan kontingen dari Sumbar dan telah kita lepas pada Jumat. Kedua anak telah kita antar ke Kanwil pada Ahad (04/11/2018) dan bertolak ke Bangka Belitung pada Senin (05/11/2018) Shubuh. Rombongan dipimpin Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri bersama Kabid PAKIS Kardinal. N," terang Sri Yusnita.

"Kita sangat bahagia dan senang, semoga anak kita mampu meraih juara dan mengharumkan nama daerah," tandas Sri Yusnita.

Terpisah, ungkapan bahagia juga disampaikan Kepala SMA ICBS, Roni Patihan melalui selulernya.

"Selamat kepada Agustullah Rizki yang akan berkompetisi dengan ribuan peserta lainnya dari 34 Provinsi se-Indonesia. Doa kami menyertai antum," tutur Ustadz Roni.(ul)|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW