Logo
Rao Selatan Juara Umum MTQ, Juru Kunci Tigo Nagari Terima Kambing Berjenggot - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Rao Selatan Juara Umum MTQ, Juru Kunci Tigo Nagari Terima Kambing Berjenggot

pasaman Kamis 08, November 2018 | 09:10:06 wib

Pasaman, Inmas--Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke 46 tingkat Kabupaten Pasaman di Kecamatan Dua Koto resmi ditutup Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, dan Kecamatan Rao Selatan sukses menggenggam tropi juara umum, Rabu (7/11).

Usai pengumuman, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rao Selatan Shaifuddin Sinaga mengucapkan terima kasih atas usaha maksimal kafilahnya sehingga berhasil mempersembahkan juara umum MTQ tahun ini.

Ia mengatakan, kesuksesan ini tidak terlepas dari kerjasama jajaran KUA, pemerintah kecamatan, para penyuluh agama, pelatih serta perjuangan para peserta di seluruh cabang musabaqah.

Shaifuddin berharap, keberhasilan ini tidak membuat terlena tetapi harus dijadikan motivasi untuk lebih giat dan aktif melakukan pembinaan dan pengkaderan agar mampu mempertahankan prestasi di even-even selanjutnya.

Panitia pelaksana Afdal Akhmad menginformasikan, kafilah Rao Selatan sukses meraup nilai 78 disusul juara umum sebelumnya Kecamatan Panti dengan nilai 66 dan Rao nilai 52.

Kafilah Rao Selatan tidak hanya berhak memboyong piala juara umum juga satu ekor sapi hadiah Bupati Pasaman yang juga diberikan kepada peringkat kedua dan ketiga.

Sedangkan tuan rumah Dua Koto, diinformasikan berada diperingkat sembilan dari dua belas kafilah dengan mengumpulkan nilai 17.

Lebih lanjut Afdal memberitahukan, yang bertengger diperingkat terbawah diduduki Kecamatan Tigo Nagari. Kafilah dari wilayah batas Pasaman itu dihadiahkan satu ekor kambing berjenggot sebagai teguran sekaligus motivasi untuk lebih giat dalam melakukan pembinaan kafilah.

“Dari capaian ini kami akan berupaya maksimal bersama pemerintah kecamatan serta penyuluh agama Islam untuk meningkatkan pembinaan," tukas Kepala KUA Tigo Nagari Ilfa Jasri di arena penutupan di lapangan sepak bola Andilan.

Pelaksana Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Edy Ridwan meminta agar helatan MTQ kemarin dapat dijadikan media mensyiarkan nilai-nilai ajaran al quran khususnya di bumi saiyo nan agamis, Kamis (8/11).

Lanjutnya, tidak hanya sebagai ajang bermusabaqah untuk prestasi tetapi menjadi wahana atau program untuk  menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat Islam ranah Pasaman terhadap kitab suci al quran yang  sudah jelas sebagai pedoman kehidupan manusia.

Begitu pula diamanahkan Atos saat menutup, MTQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan bacaan, hafalan, serta pendalaman isi kandungan Al-Qura'n. (abie78)|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW