Logo
MTsN Sungayang Terapkan B-Klins Media Sharing Guru dan Siswa - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

MTsN Sungayang Terapkan B-Klins Media Sharing Guru dan Siswa

MTsN Sungayang Selasa 08, September 2015 | 10:34:40 wib

Sungayang, Inmas--setelah Sehardhuma (shalat dhuha bersama) seluruh peserta didik MTsN Sungayang berpencar dan membentuk kelompok-kelompok kecil di tempat-tempat yang memungkinkan (ruang kelas, kantin ilmu, perpustakaan, ruang BK, ruang OSIS, labor, halaman dan juga taman madrasah) yang didampingi PA (Penasehat Akademik) masing-masing untuk melaksanakan B-Klins.

B-Klins (Bimbingan Klinis), salah satu program unggulan MTsN Sungayang yang sudah dimulai sejak tahun 2014 lalu. Tujuannya supaya ada sharing antar pendidik dengan peserta didik. sehingga kita dapat mengetahui permasalahan-permasalahan yang dialami peserta didik.

“Sebenarnya bukan saja kendala-kendala  yang di alami peserta didik saja yang di sampaikan kepada  PA, tetapi  kopleksitas  yang bersangkutan dengan diri peserta didik. Mulai dari ibadahnya, hafalan ayat  Al-qurannya, juga kendala yang ditemui dalam proses pembelajaran, baik bersama teman sekelas maupun teman dilingkungan madrasah, serta yang tidak kalah pentingnya yaitu penjajakan secara mendalam permasalahan pribadi yang dialami peserta didik, apakah itu di lingkungan madrasah, keluarga maupun lingkungan masyarakat tempat peserta didik berinteraksi dalam pergaulan sehari-hari.

Kegiatan B- Klins diharapkan dapat membawa perubahan kearah yang positif bagi peserta didik, terutama bagai mana cara mereka bertingkah laku dan  punya sopan santun. Apabila ada diantara peserta didik yang mempunyai masalah dan itu tidak dapat dipecahkan sendiri, maka PA mencoba mencarikan jalan keluarnya. Sehingga tidak ada sutupun  permasalahan yang tidak dapat terselesaikan.

Dengan adanya keterbukaan antara peserta didik dengan PA nya, maka rasa kekeluargaan antara majlis guru dengan peserta didik ataupun sebaliknya benar-benar terwujud. Dan mereka betul-betul mempunyai orang tua yang mampu mengayomi mereka baik ketika senang maupun dikala susah (sedih).

Selanjutnya, melalui B-Klins dapat melahirkan peserta didik yang   berkarakter, berakhlak , tekun  beribadah dan selalu membaca dan mengamalkan al-qur,an. Semua itu tak luput dari pantauan baik  PA, wali kelas, majlis guru, juga  adanya kerja sama yang baik antara madrasah dengan orang tua siswa.

Muda-mudahan hal ini dapat terlaksana dengan baik. Bahkan sangat diharapkan sampai kepada kunjungan kerumah-rumah (home visit),  sehingga kita benar- benar mengetahui kehidupan peserta didik yang sesungguhnya . ungkap Bunda Rika  selaku leadership MTsN Sungayang. (yul/hms/rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW