Logo
Perdana Khatam Al-Quran di MTsN Sumanik - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Perdana Khatam Al-Quran di MTsN Sumanik

Yonadri Selasa 18, November 2014 | 13:53:25 wib

Batusangkar, (Inmas) - Kepala Kantor Kemenag Kab. Tanah Datar Drs. H. Malikia, MA melepas secara resmi peserta Pawai dalam rangka  Khatam Al-Quran bagi  siswa MTsN Sumanik Kab. Tanah Datar di halaman madrasah tersebut, Selasa (18/11).

Menurut laporan Kepala MTsN Sumanik Drs. Taswir menjelaskan pelaksanaan Khatam Al-Quran bagi siswa madrasahnya merupakan kegiatan yang kedua kalinya.

Pada tahun 2013 yang lalu peserta khatam berjumlah sebanyak 31 orang siswa sementara pada tahun 2014 meningkat menjadi 34 orang siswa.

Tujuan diselenggarakan kegiatan khatam Al-Quran di madrasanya dalam rangka mengantisipasi agar jangan ada lagi para siswa tamatan madrasah yang tidak bisa membacara Al-Quran.

Dalam memeriahkan pelaksanaan kegiatan pawai tersebut, pihak madrasah, pengurus komite, majelis guru, para tokoh masyarakat serta pemuda/pemudi ikut bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan itu dilakukan penyembelihan 3 (tiga) ekor kambing untuk kosumsi para setiap tamu yang datang diacara khatam itu.

Sementara itu H. Malikia dalam arahannya memberikan apresiasi penuh kepada Kepala MTsN Sumanik beserta para majelis guru/pegawainya dan Ketua beserta pengurus Komite madrasah tersebut atas terlaksananya kegiatan khatam Al-Quran yang kedua kalinya pada tahun 2014 ini.

Dikatakannya bahwa kegiatan khatam Al-Quran bagi siswa madrasah ditingkat Tsanawiyah yang dilaksanakan MTsN Sumanik itu merupakan satu-satunya kegiatan perdana yang diselenggarakan madrasah di Sumbar .

Dalam kesempatan tersebut Ka kankemenag berharap agar kegiatan Khatam Al-Quran yang dilaksanakan dapat dilakukan secara rutian setiap tahunnya, sehingga tidak ada lagi tamatan madrasah yang tidak bisa baca Al-Quran.

Apalagi kata Ka Kankemenag saat ini tamatan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) harus hafal satu juz, tamatan Madrasah Tsanawiyah ( MTs )  hafal 2 juz dan tamatan Madrasah Aliyah ( MA ) hafal 3 juz. ( Yon )|DW     

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW