Logo
PPSN Usai, Raihan Juara Didominasi Padang dan Payakumbuh - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

PPSN Usai, Raihan Juara Didominasi Padang dan Payakumbuh

RinaRisna Rabu 20, Mei 2015 | 18:23:47 wib

Padang, Inmas—Setelah berlangsung tiga hari sejak dibuka Wagub Yusman Kasim senin lalu, hari inikegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) tngkat Sumatera Barat telah usai. Walaupun cuaca sangat terik peserta tetap semangat mengikuti setiap cabang lomba.

Kegiatan yang dihadiri ratusan santri Pondok Pesantren se Sumatera Barat ini ditutup Kakanwil Kemenag diwakili Kabag TU, H. Bustari, di Bumi Perkemahan Padang Besi, Rabu (20/5). Hadir juga pengurus kwartir Sumatera Barat, Kepala Bidang Pakis sebagai pelaksana acara serta Kakan Kemenag diwakili Kasi Pontren se Sumatera Barat. 

Kabag TU sangat mengapresiasi kegiatan pramuka yang diikuti santri pondok ini. Kegiatan ini akan berlanjut ke Tingkat nasional ini. Perkemahan Santri tingkat nasional akan dilaksnakan Juni mendatang di Banjarmasin. Peserta terbaik di tingkat provinsi akan langsung mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional.  

Diakui Kabag TU, ivent seperti ini tidak mudah dilaksanakan seperti membalik telapak tangan. “peserta dan pendamping telah melakukan latihan di daerah dan yang hadir di sini santri terpilih.  Jadikan moment ini untuk menjalin silaturrahmi antar santri dari berbagai pondok, ungkap Kabag TU.

H. Bustari yang pernah menjadi guru mengharapkan pengurus dan pembina agar pramuka yang dilaksanakan santri harus berbeda dengan siswa lainnya, terutama dalam ibadah. Hal ini telah dibuktikan langsung Kabag TU di Lokasi Bumi Perkemahan para santri ini.

“Ketika waktu untuk beribadah tiba para santri kembali pada kebiasaannya di asrama. Ada yang memekai jubah, sibuk membaca alqur’an dan ibadah lainnya di mushalla yang terletak di lokasi kemah ini. Inilah ciri khas pramuka yang dilaksanakan santri Pondok Pesantren, ulas H. Damri dengan senyum bangga diiringi tepuk tangan meriah santri.

Teriknya cuaca di bumi perkemahan ini tidak menyurutkan semangat calon ulama ini mengikuti setiap kegiatan. Bahkan ketika Kabag TU menutup kegiatan ini salahseorang peserta jatuh pingsan karena kelelahan ketika berada dalam barisan upacara.

Penghujung acara moment yang ditunggu peserta, karena panitia akan mengumumkan peserta terbaik dari setipa cabang lomba yang telah diikuti.Dan lebih dari itu, pemenagn terbaik akan langsung diutus ke PPSN tingkat nasional ke Banjarmasin Juni mendatang.

Dari pengumuman pemenang yang dibacakan panitia, Kota Padang dan Payakumbuh berhasil meraih juara paling dominan. Dimana selisih jumlah poin dari kedua daerah ini hanya 2 poin. Namun, Payakumbuh berhasil meraih juara I tiga cabang, juara II dua cabang dan juara III dua cabang.

Sementara Kota Padang raihan Juara I dua cabang, juara II tiga cabang dan juara III empat cabang. Peringkat selanjutnya diraih Kota Bukittinggi menyusul Kab. Pasaman, Kab. Padang Pariaman dan Kab. Solok Selatan. Pemuncak satu akan langsung berangkat menuju Banjarmasin awal Juni mendatang. rina_risna 

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW