Logo
JAMBAK NAGARI PERTAMA GELAR MTQ - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

JAMBAK NAGARI PERTAMA GELAR MTQ

pasaman Senin 19, Mei 2014 | 11:07:58 wib

Pasaman, (Inmas) - Dari  enam nagari yang ada di Kecamatan Lubuk Sikaping, Jambak pertama menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun ini kemarin (18/5) diikuti sebanyak 90 qari dan qariah.

Seraya membuka secara resmi di Mesjid Taqwa Jambak Camat Lubuk Sikaping Hermansyah, S.STP menyatakan hal tersebut bahkan juga perdana  di Kabupaten Pasaman. Di gelarnya musabaqah tingkat nagari seluas 20 ribu hektar persegi tersebut diharapkan 1967 masyarakat Islam dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al quran.

sementara itu, Ketua panitia M.Harun menginformasikan MTQ tahun ini diikuti tiga kejorongan yakni Induk Gadang, Caniago dan Kampung Alai dengan jumlah peserta sebanyak 58 putra dan 32 putri. Cabang yang diperlombakan adalah Tilawah golongan anak-anak dan remaja, Tartil dasar, menengah dan umum, Khutbah Jumat, MSQ serta satu cabang eksebisi tahfiz yasin yang diikuti kelompok perwiridan kaum ibu.

Tahun ini Jorong Induk gadang berhasil meraih juara umum dan berhak menerima piala bergilir Wali Nagari yang langsung diserahkan Edi Jupri sambil menutup even secara resmi, informasinya.

M.Harun yang juga praktisi agama mengharapkan penyelenggaraan MTQ jangan sebatas perlombaan namun perlu aplikasi yang nyata mewujudkan masyarakat Jambak cinta terhadap kitab suci yang mengandung kalam Ilahi.

disamping itu juga, MTQ sebagai jalan menjalin erat silaturrahim serta untuk mensukseskan program babaliak ka nagari dan ka surau dan gerakan masyarakat maghrib mengaji yang telah diapungkan Kementerian Agama di ranah Pasaman ini, paparnya lagi.(abie78|j@y)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW