Logo
Idul Adha Momen Menguatkan Jalinan Kasih Manusia kepada Allah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Idul Adha Momen Menguatkan Jalinan Kasih Manusia kepada Allah

Admin Sumbar Jumat 25, September 2015 | 03:56:26 wib

Padang, (Inmas) - Setelah diguyur hujan semalaman, pagi ini Kamis (24/9) Kota Padang begitu cerah. Sahut - sahutan gema takbir berkumandang. Ratusan bahkan ribuan pasang kaki berduyun - duyun menuju halaman Kantor Gubernur Prov. Sumatera Barat untuk melaksanakan Sholat Idul Adha. 

Meski hasil keputusan Sidang isbat penentuan awal bulan Dzulhijah 1436 H yang dilaksanakan pada 13 September lalu memutuskan bahwa Idul Adha (10 Dzulhijah) jatuh pada hari ini Kamis (24/9), tapi masih ditemukan perbedaan pelaksanaan Sholat Ied di wilayah Sumatera Barat. Jamaah Naqsabandiyah yang mayoritas terdapat di Pauh Kota Padang bahkan sudah melaksanakan Sholat Ied pada hari Selasa (22/9) lalu. Sementara Jamaah Muhammadiyah juga telah melaksanakan Sholat Ied pada Hari Rabu (23/9) di berbagai tempat di wilayah Sumatera Barat.

Jika mendadak terjadi perubahan cuaca, seperti tahun lalu, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Prov. Sumatera Barat juga sudah menyiapkan Masjid Raya Sumatera Barat sebagai alternatif tempat pelaksanaan sholat Idul Adha. Tapi berhubung cuaca cerah,  Sholat Ied tetap dilaksanakan di halaman Kantor yang sedang direnovasi ini. Ribuan umat muslim Kota Padang  berkumpul memadati halaman Kantor Gubernur hingga tumpah memenuhi Jalan Sudirman.

Dalam jejeran shaf paling depan, tampak hadir Plh. Gubernur Sumatera Barat Ali Asmar, Kakanwil Kemenag Prov. Sumatera Barat Drs. H. Salman, Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, Kabag TU Drs. H. Bustari, Kepala Bidang Penaiszawa Drs. Maswar, MA dan pejabat lain di Prov. Sumatera Barat. 

Pada Kesempatan itu Plh. Gubernur mengajak Warga yang akan melaksanakan Sholat Ied untuk bekerjasama membangun Sumatera Barat agar bisa lebih meningkatkan perekonomian di Sumatera Barat. 

Sedangkan pada Laporan Ketua PHBI, Drs. Salman menyampaikan laporan pelaksanaan Sholat Idul Adha tahun 1435 H dan Laporan palaksanaan Idul Fitri 1436 H yang lalu. Menurut laporan Ketua PHBI Prov. Sumatera Barat Sedekah yang berhasil dikumpulkan PHBI pada pelaksanaan Idul Fitri 1436 H ini sebanyak Rp. 10.781.600. Sedangkan infak untuk anak Yatim Piatu terkumpul sebesar Rp. 34.275.000.

Untuk Idul Adha 1435 H yang lalu jumlah qurban di Sumatera Barat sebanyak 47336 ekor, dengan princian kerbau 292 ekor, sapi 41.447 ekor dan kambing 5.597 ekor. "Mudah-mudahan  pada tahun ini jumlah qurban di Sumatera Barat meningkat seiring meningkatnya kepedulian terhadap manusia"  ungkap Salman.

Guru Besar Universitas Andalas Prof. Dr. H. Yaswirman, MA ditunjuk sebagai khatib dan Irsyad, S.Iq sebagai Imam pada pelaksanaan Sholat ied kali ini. Dalam khotbahnya, Yasirman menyampaikan kembali sejarah singkat terjadinya perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya Ismail yang menjadi cikal bakal pelaksanaan qurban pada saat Idul Adha. Selain itu Ketua bidang Penelitian MUI Sumatera Barat ini juga mengungkapkan hikmah yang terkandung dalam peristiwa qurban. Menurut Yaswirman, ada beberapa hikmah yang terkandung dalam peristiwa qurban yang kita warisi sejak Nabi Ibrahim as tersebut antara lain Kepatuhan yang utuh kepada Allah, perlu belajar dari sejarah, Dasar - dasar pendidikan terhadap anak dan Mewujudkan Keadilan dan Kepedulian Sosial.

"Mudah-mudahan dengan mengambil hikmah dari Idul Adha ini, semakin kuat jalinan kasih kita kepada Allah dan sesama umat, Kita perkecil jurang pemisah antara yang mampu dengan yang kurang mampu, yang kaya peduli terhadap yang miskin dan yang miskin tidak merasa rendah diri berhadapan dengan orang kaya, " ujar Yaswirman menutup khutbahnya. (Ef)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW