Logo
Kultum, Agenda Rutin Pengembanga Minat Bakat Siswa di MTsN Padusunan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kultum, Agenda Rutin Pengembanga Minat Bakat Siswa di MTsN Padusunan

Delsi Sofia, S. Pd. Selasa 06, September 2016 | 11:12:45 wib

Pariaman, (Inmas)--Ada agenda rutin di MTSN Padusunan yang dilaksanakan sebelum PBM dimulai untuk  siswa  dalam pengembangan bakatnya. Pada  hari Selasa  dilaksanakan kultum, hari Rabu pembacaan asmaul husna,  hari  Kamis  diadakan tahfiz  Qur'an, hari Jum'at  diadakan  muhadarah, pada  hari  Sabtu setiap   satu kali 2 minggu diadakan penampilan  bakat eskul.

Sesuai jadwal Pada pagi hari Selasa (06/9) ini pelaksanaan Kultum dimulai pukul 07.30. Semua siswa berbaris sesuai maasing-masing kelas dengan pengambilan absen oleh masing-masing wali kelas. Setiap  siswa  bergiliran tampil  sesuai  dengan jadwal ditetapkan pembina  OSIM dan Waka Kesiswaan. Giliran  tampil Kuliah Tujuh Menit (Kultum) M. Zikri al-Habib kelas VIII-2  dengan  tema kultum Iman kepada Allah.

Selama waktu diberikan 7 menit, M. Zikri tampil dengan sangat  memukau. Tema Kultum yang dibawakan M. Zikri berbicara tentantang bagaimana kita khususnya siswa untuk selalu menyakini adanya Allah SWT, dengan selalu menjalankan segala perintahNya dan menjauhi laranganya. "Orang  yang  beriman kepada  Allah  SWT, mereka  yakin  akan   adanya  Allah  yang memberikan rahmat dan  hidayah  kepada  kita", ujar M. Rikri diakhir Kultumnya.


Setelah  kultum dilaksanakan, dilanjutkan dengan arahan dari pembina Rahmawati,  yang  telah  ditetapkan  dalam jadwal pembina. Rahmawati dalam arahannya menyampaikan kepada siswa senantiasa menerapkan disiplin dengan baik.

"Jangan sampai kita  malas dalam belajar, senatiasa mematuhi aturan madrasah yang telah ditetapkan", ujar Rahmawati.

Rahmawati  yang kesehariannya mengajar bidang studi  Matematika  mengajak kepada siswa untuk selalu menjaga kebersihan, "jangan biarkan sampah dibuang disembarang tempat, buanglah di tempat tong sampah yang  telah disediakan", imbuhnya lagi.

Kegiatan kultum yang dilaksanakan setiap hari Selasa, sebagai ajang bagi siswa untuk menumbuhkembangkan bakat  pidato dengan tampil sesama siswa,  pada nantinya  akan dinilai  siapa  siswa  terbaik  dari  kelas  tampil diberikaan penghargaan. (tf)|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW