Logo
Lepas Kloter I, Pj Gubernur Pesankan Jemaah Siapkan Fisik dan Mental - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Lepas Kloter I, Pj Gubernur Pesankan Jemaah Siapkan Fisik dan Mental

RinaRisna Jumat 21, Agustus 2015 | 07:15:32 wib

Padang, Inmas--Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Padang resmi dilepas pj. Gubernu Sumbar tadi malam, Kamis (20/8) di Aula Asrama Haji. 448 jemaah ditambah lima petugas ini akan take off menuju madinah pukul 11.00 siang ini. Semua jemaah Kloter I ini 450 JCH namun karena 7 belum menerima visa keberangkatannya ditunda pada penerbangan berikutnya.

Hadir dalam melepas kloter I ini Tim Komisi VIII DPR RI, H. Asli Chaidir bersama lima anggota lainnya, Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim,  Rektor IAIN diwakili Dekan Ushuluddin H. Ikhwan Matondang, Walikota Padang H. Mahyeldi, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Hj. Rosnini Syafitri dan Kakanwil Kemenag Sumbar beserta jajaranya.

Sebelum dibuka Pj Gubernur Kakanwil Kemenag H. Salman melaporkan kepada Gubernur dan jemaah, tahun 2015 ini Embarkasi Padang memberangkatkan 4.946 orang Jemaah, 3.599 jemaah Sumatera Barat dan 1.292 jemaah Provinsi Bengkulu. Jemaah ini diberangkatkan dalam 11 Kelompok Terbang (Kloter), delapan kloter Sumbar dan 3 Kloter Bengkulu.

H. Asli Chaidir, Pimpinan rombongan Komisi VIII DPR RI dalam sambutannya di hadapan ratusan jemaah menyampaikan bahwa ibadah haji membutuhkan fisik yang prima dan pemikiran yang terjaga. Kesehatan fisik sangat diutamakan dalam menjalan ibadah haji.

"Untuk itu saya berpesan kepada bapak dan ibu jemaah untuk menjaga kesehatan dan menyesuaikan keadaan. Karena cuaca di Tanah suci sangat panas, rata-rata diatas 40 derjat. Budaya di sana tentu berbeda dengan yang ada di Sumbar, jemaah harus bisa menyesuaikan diri, harapnya.

Sementara Pj. Gubernur Redonniyzar Moenek, ketika melepas jemaah ini mengakui, ibadah haji adalah ibadah yang penuh penuh cobaan dan tantangan, baik dalam tahap persiapan maupun saat pelaksanaan ritual ibadah itu sendiri serta sekembali dari tanah suci. Keseluruhannya merupakan sebuah rangkaian yang didalamnya banyak sekali tantangan dan kendala yang dihadapi, papar.

Ditegaskannya lagi, perjalanan menunaikan ibadah haji merupakan perjalanan suci yang penuh tantangan Diperlukan kesiapan fisik dan mental, disamping kesiapan keimanan dalam menjalaninya. Ibadah ini dilaksanakan di negeri yangjauh, cuaca dan iklimnya berbeda dengan daerah kita. Bahkan tatakrama dan kebiasaan masyarakatpun tidak sama dengan kebiasaan kita.

"Olehkarena itu, peliaharalah kesehatan, pelihara jadwal dan menu makan serta tingkatkan kesabaran dalam tingkah lau sehari-hari. Kesabaran jemaah akan diuji baik oleh perlakuan yang kita terima, kebiasaan hidup yang berbeda, cuaca yang tidak terkadang tidak bersahabat dan tantangan lain yang menuntut kearifan", pesan Gubernur yang juga orang Sumatera Barat.

Diakhir sambutannya Pj. Gubernur mengharapkan bila jemaah menghadapi cobaan dan ujian, segera bertawakkal, beristihfar dan berserah diri kepada Allah. Siapkan fisik dan mental. Kuatkan hati dan teguhkan iman. Jangan adalagi pikiran yang bercabang yang terpenagruh segala sesuatu yang ditnggalkan di tanah air, harap Putra Tanah datar ini. Rina_Risna

 

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW