Logo
Menag RI Resmikan Empat Gedung Kuliah IAIN Bukittinggi - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Menag RI Resmikan Empat Gedung Kuliah IAIN Bukittinggi

Syafrial Kamis 23, Februari 2017 | 16:45:06 wib

Bukitinggi (Inmas)--Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin mengunjungi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi di kampus Kubang Putiah Kamis, 23/02 . Kedatangan rombongan Menteri itu di sambut oleh rombongan Kakanwil Kemenag Sumbar bersama gubernur di BIM yang juga ikut mengiringi rombongan sampai ke lokasi IAIN Bukittinggi.

Kedatangan Menteri Agama ke IAIN Bukittinggi ini juga disambut Kakan Kemenag Bukittinggi H. Abrar Munanda di lokasi Kampus Kubang Putiah bersama dengan Kakan Kemenag Kab/Kota Se-Sumatera Barat, Wakil Walikota Bukittinggi beserta unsur Muspida, Civitas Akademik dan ribuan mahasiswa IAIN yang menyambut kedatangan menteri ini dengan meriah .

Kedatangan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di IAIN Bukittinggi ini untuk meresmikan empat gedung kuliah dan 1 gedung dosen yang bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan dalam kesempatan ini Menteri Agama juga mengisi kuliah umum di kampus Islam tersebut dengan materi Bahasan "Peran PTKIN dalam merawat kebhinekaan dan memperkokoh toleransi".

Dalam kuliah umumnnya Menag RI Lukman Hakim menyebut pentingnya menjaga keutuhan dan persatuan bangsa dalam keberagaman. Kepada mahasiswa menag meminta perbedaan pandangan jangan sampai menghancurkan NKRI. Sudah saatnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) memiliki pusat moderasi Islam. Moderasi adalah kata di mana paham agama Islam mengusung paham-paham yang moderat.

Menurut Menag, Islam yang berkembang di Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu adalah Islam yang moderat. Ahlussunnah wal jamaah adalah moderasi dari beberapa kutub ekstrim tidak hanya dalam hal teologisnya, tetapi juga kaitannya dengan fikih, tasawuf dan lain sebagainya. Kata Menteri Agama Ini.

"Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri punya tanggung  jawab utama serta berdiri di garis terdepan sebagai pusat moderasi Islam yang saya bayangkan adalah lembaga yang menjadikan moderasi sebagai isu utama dalam semua kiprah perguruan tinggi," ujar Menag

Turut Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman,  Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, Rektor IAIN Se-Sumatera Barat, Kepala BDK, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam dan Kepala Kantor Kementrian Agama seluruh kabupaten- kota di Sumbar. (Syafrial/Rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW