Tim Monev Kemenag Liko Pantau Pelaksanaan UAMBN, USBN, dan UAM MTsN 4 Lima Puluh Kota

 Tim Monev Kemenag Liko Pantau Pelaksanaan UAMBN, USBN, dan UAM MTsN 4 Lima Puluh Kota
 Tim Monev Kemenag Liko Pantau Pelaksanaan UAMBN, USBN, dan UAM MTsN 4 Lima Puluh Kota

Lareh Sago Halaban, (Inmas)--Memasuki hari kedua pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), Ujian Sekolah Bersatandar Nasional (USBN), dan Ujian Akhir Madrasah (UAM) di MTsN 4 Lima Puluh Kota (Patliko) berjalan tertib dan lancar.

Ujian diikuti 103 orang siswa kelas IX berlangsung dari kemarin, Senin ( 17/4) sampai dengan Sabtu ( 22/4). UAMBN kali ini akan mengujikan lima mata pelajaran Alqur’an Hadist, Aqidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab. Sedangkan USBN akan mengujikan mata pelajaran PKN dan IPS.

Untuk UAM akan mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Adapun Pegawas ujian masih menggunakan sistem silang antar madrasah Lima Puluh Kota.  

Pelaksanaan ujian dipantau langsung Tim monitoring Evaluasi (Monev) Kementrian Agama (Kemenag) Lima Puluh Kota ( Liko), Selasa (18/4).

Tim Monev diwakili Kasubag TU Kemenag Limapuluh Kota Ifkar menjelaskan, "ujian dalam lembaga pendidikan merupakan alat untuk mengukur keberhasilan siswa. Selain itu juga sebagai alat ukur guru dan seluruh penyelenggara pendidikan, yang mana nantinya juga dijadikan sebagai alat ukur suatu keberhasilan suatu lembaga".  

Lebih lanjut, Lelaki yang ramah dan murah senyum ini  juga menjabarkan bahwa UAMBN, USBN, dan UAM diselenggarakan secara khusus oleh Kemenag melalui bidang Pendidikan Madrasah ( Penmad), Sumatera Barat.

Dalam kesempatan sama Ifkar juga mengharapkan agar penyelenggaraan ujian ini dapat berjalan dengan baik lancar, serta menjaga komitmen integritas, memelihara kejujuran oleh pihak manapun, baik peserta ujian, panitia, maupun pengawas ujian itu sendiri.

“mari kita sama-sama berdoa agar seluruh peserta ujian yang ikut ujian hari ini berhasil dan sukses melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi”, ujar Ifkar ketika ditemui di posko panitia, yang langsung diamini kepala MTsN 4 Liko, Hj. Ermita. ( Femel)|DW