Antusias Masyarakat Pasbar Berhaji Meningkat

Antusias Masyarakat Pasbar Berhaji Meningkat
Antusias Masyarakat Pasbar Berhaji Meningkat

Pasaman Barat, Inmas—Antusias masyarakat Pasaman Barat mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji di Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS-BPIH) terus meningkat.

Hingga April 2015, jumlah antrian dan terdaftar di Siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) Pasaman Barat, mencapai 4.079 orang.

Di tahun 2015 ini, calon jemaah haji (CJH) Pasaman Barat akan melaksanakan perjalanan ibadah haji ke tanah suci sebanyak 172 orang. Jemaah terbanyak Kecamatan Pasaman 58 orang, kata Kepala Kementerian Agama Pasaman Barat, Marjanis, didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Miswan di ruang kerjanya, Simpang Empat, Selasa (23/6).

Selain masyarakat Kecamatan Pasaman, dengan jumlah CJH-nya 58 orang, jemaah terbanyak kedua dari Kecamtan Kinali sebanyak 37 orang. CJH paling sedikit dari Kecamatan Sasak Ranah Pesisir 2 orang, dan kecamatan yang tidak ada jemaahnya Kecamatan Parit Koto Balingka, jelas Marjanis, dikuatkan Miswan.

Semenjak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat didirikan, jelas Miswan, hingga saat ini jemaah haji yang terdaftar di Siskohat mencapai 6.345 orang. Dari jumlah tersebut, yang telah melaksanakan ibadah haji ke tanah suci sebanyak 2.097 orang.

Secara umum, jasa perbankan dijadikan tempat pembayaran biaya (ongkos) perjalanan ibadah haji di Pasaman Barat Bank Nagari, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Mandiri (BSM), dan Bank Nasional Indonesia (BNI).

Seiring perkembangan zaman dan meningkaatnya laju pertumbuhan ekonomi di Pasaman Barat, jasa perbankan di Pasaman Barat mencapai sembilan lembaga, Bank Nagari, BRI, BSM, BNI, Bank Mandiri, Bank Danamon, BRI Syariah, Bank Nagari Syariah, Bank Mu’amalat, jelas Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Pasaman Barat menambahkan. Zar/rina