Kankemenag Kota Bukittinggi Gelar Sosialisasi SIMPATIKA

Kankemenag Kota Bukittinggi Gelar Sosialisasi SIMPATIKA
Kankemenag Kota Bukittinggi Gelar Sosialisasi SIMPATIKA

Bukittinggi, Inmas--Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) di Aula Kankemenag (26/8). Sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada Guru dalam implementasi pengembangan SIMPATIKA di tahun 2016 sehingga terkoordinasinya SIMPATIKA di semua jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK Kota Bukittinggi Tahun 2016.


SIMPATIKA sebagai Sistem Online Pengendalian dan Pengawasan Internal Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Kemenag, merupakan lanjutan dari program Padamu Negeri. Dalam sambutannya, Kepala seksi PAIS Kemenag Kota Bukittinggi Drs. Gazali, MA menyampaikan dengan disosialisasikannya SIMPATIKA diharapkan PTK sudah menggunakan SIMPATIKA.

“Pendidik dan Tenaga Kependidikan diharapkan melaksanakan keaktifan dan pemutakhiran data PTK melalui program SIMPATIKA. Hasil pemutakhiran akan digunakan sebagai dasar dalam pelaksanaan program-program terkait pengembangan kualitas PTK meliputi tunjangan profesi, pendidikan dan pelatihan, penilaian kinera guru dan verval Nomor Registrasi Guru (NRG),” ujar Gazali.

Sosialisasi diikuti para Pengawas Pendidikan Agama Islam, MGMP, KKG, dan Guru PAI Kota Bukittinggi. keunggulan SIMPATIKA antara lain aplikasi yang berbasis pada self service technology dimana transaksi data dilakukan secara mandiri oleh PTK dengan persetujuan verifikasi secara singkat. Selain itu real time online transaction process, sehingga data langsung termutakhir sesaat setelah transaksi berlangsung. (Syafrial/Rina)