KABID PENMAD RESMI SERAHKAN NSM DI PASAMAN

KABID PENMAD RESMI SERAHKAN NSM DI PASAMAN
KABID PENMAD RESMI SERAHKAN NSM DI PASAMAN

Pasaman (humas), Kepala bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Drs.H.Artis Arjun, M.MPd  beserta rombongan kemarin (27/2) menyerahkan secara resmi sertifikat Nomor Statistik Madrasah (NSM) kepada 37 Kepala madrasah bertempat di aula Kankemenag Pasaman.

Kehadiran Kabid dan timnya tersebut tidak hanya sekedar menyerahkan sertifikat NSM juga melakukan pendataan serta memonitoring melihat secara dekat kondisi madrasah yang ada dari tingkat ibtidaiyah sampai aliyah baik yang berstatus swasta maupun negeri, ungkap Kepala Kankemenag Drs.H.Marjanis, M.Pd di ruang kerjanya.

Dalam kunjungan kerja pejabat yang akrab disapa Artis itu menyampaikan pesan singkat kepada Kepala madrasah setelah diterimanya sertifikat NSM agar dapat meningkatkan mutu pendidikan, melengkapi sarana prasarananya sehingga para orangtua di Pasaman ini cenderung memilih madrasah sebagai tempat pendidikan bagi anak-anaknya.

Dari pantauan dilakukan, beberapa madrasah telah mengalami kemajuan kwalitas pendidikan ini didasari nilai murni yang dicapai pada ujian nasional dan ujian akhir madrasah,  para siswa cukup berhasil mengungguli nilai yang diperoleh para siswa di sekolah yang ada di Pasaman dan tingkat provinsi Sumatera Barat, kabarnya lagi.

Selain itu, Kabid meminta agar pihak madrasah tidak telat dari jadwal yang ditentukan dalam mengirimkan laporan data-data akurat yang diminta oleh Kepala Kanwil Kemenag. Data-data yang berkenaan dengan bidang pendidikan tersebut menjadi acuan bagi Kemenag pusat sekaligus menertibkan administrasi data.

Sementara itu, selaku pimpinan Kemenag ranah saiyo H.Marjanis mengingatkan juga agar Kepala madrasah ibtidaiyah sampai aliyah negeri dan swasta pro aktif berbenah, melakukan terobosan-terobosan, menelurkan ide yang inovatif sehingga menciptakan tampilan madrasah yang dapat dijadikan sebagai tempat studi banding bagi sekolah dan madrasah yang ada di Sumbar ini.

“Kedepannya madrasah di Pasaman ini harus sejajar dengan sekolah-sekolah di tingkat Sumbar”, ucap Marjanis memotivasi.

Pihak madrasah harus pintar mengelola dan memenej dengan baik, tahun ke tahun kwantitas siswa serta mutu pendidikan harus ada peningkatan khususnya pada ilmu agama. Kepala madrasah diminta cerdas melahirkan siswa-siswa berkarakter melalui didikan agama, sehingga memunculkan lulusan-lulusan yang hafal Al quran, qari, mampu berkhutbah dan ceramah serta kegiatan syariat Islam lainnya, tuturnya.

“Sembilan madrasah negeri dan 28  yang berstatus swasta harus jadi primadona dan prioritas bagi para orangtua sehingga tidak perlu pusing memilih kemana anak-anaknya disekolahkan”, harapnya.(@bie-ys/rina)