MQK MENINGKATKAN MUTU TAFAQQUH FIDDIN

MQK MENINGKATKAN MUTU TAFAQQUH FIDDIN
MQK MENINGKATKAN MUTU TAFAQQUH FIDDIN

Bukittinggi (Inmas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Muhamad Nur, MA, Kasubag TU, H. Idrial, S.Pd, Kasi Pedepontren, Drs. H. M. Arsyad ikut dalam pelepasan peserta satu-satunya dari Bukittinggi yaitu Chintia Arnita (15 Th) peserta Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) cabang usul fiqih mewakili Provinsi Sumatera Barat dari Pondok Pesantren Madinatul Munawarah Kota Bukittinggi di Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Senin (01/9).

Lomba MQK ke V Tingkat Nasional yang rencananya akan di laksanakan tanggal 3-5 September 2014, dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam di provinsi Jambi.

Sebelum berangkat ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat untuk TC dan pemondokan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menyampaikan memberikan motivasi kepada Chintia.

“Chintia Selamat berkompetisi, tetap bersemangat, saat ini kamu tengah berjuang, tidak banyak orang yang seberuntung kamu, jaga kesehatan dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT., ujar Muhammad Nur”.

 “Selanjutnya terima kasih banyak dan apresiasi yang tinggi saya berikan untuk orang tua dan guru yang telah membina sehingga mampu meraih prestasi yang gemilang, semoga ini menjadi motivasi untuk semua agar selalu berkarya dan berbuat untuk kebaikan, ujarnya lebih lanjut”.

Musabaqah qiraatil kutub (mqk) meningkatkan mutu tafaqquh fiddin di pondok pesantren. para santri dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengaji dan mengkaji kitab kuning.

MQK juga sebagai salah satu wahana kompetisi bagi para santri dalam menunjukkan kemahirannya dalam membaca, memahami, dan menjelaskan kandungan kitab kuning (al-kutub al-turats) sebagai tradisi keilmuan pada pondok pesantren, tambahnya”.

Chintia Arnita siswi Pondok pesantren Madinatul Munawarah Bukittinggi dibawah pimpinan Drs. Syafi¡‘i dan ikut mendampingi bersama Yendrawardi, S.PdI, Guru Pondok tersebut. (lap. Dayat)|DW