Peserta Diklat Penghulu Observasi Lapangan Ke KUA MKS Bukittinggi

Peserta Diklat Penghulu Observasi Lapangan Ke KUA MKS Bukittinggi
Peserta Diklat Penghulu Observasi Lapangan Ke KUA MKS Bukittinggi

Bukittinggi (Inmas)--Sebanyak 30 Peserta Diklat Calon Fungsional Penghulu angkatan VII Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang wilayah Sumatera Barat, Jambi, Riau dan kepulauan Riau memasuki hari ketujuh belas dari dua puluh hari pelaksanaan Diklat Kepenghuluan di BDK Padang.

Hari ini Rabu, 19/10 peserta lakukan Observasi Lapangan (OL) ke KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi didampingi 2 orang Widya Iswara dan 4 pegawai BDK Padang. Turut hadir dalam kegiatan observasi lapangan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi yang diwakili Subag Tata Usaha H. Idrial, Kasi Bimas Islam beserta staf Bimas Islam dan Kepala MAN 1.

Rombongan peserta Diklat Fungsional Kepenghuluan Agkatan VII ini tiba di Lokasi pada pukul 08.30 WIB disambut Kepala KUA beserta rombongan dan seluruh jajarannya di Aula MAN 1 yang lokasinya berdekatan dengan KUA MKS.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi diwakili kasubag Tata Usaha dalam sambutannya menyampaikan "ucapan selamat datang disampaikan kepada rombongan peserta Diklat Calon Penghulu yang baru tiba di Bukittinggi dan ucapan terimakasih dimana KUA  Mandiangin Koto Selayan mendapatkan kepercayaan sebagai rujukan dari Balai Diklat keagamaan Padang  untuk dijadikan obyek mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan study lapangan," ujar Idrial

Kami atas nama Kementerian Agama khususnya KUA Mandiangin Koto Selayan dengan senang hati membuka pintu kepada siapapun untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat dimana KUA adalah sebagai ujung tombak Kementerian Agama yang berada di Kecamatan serta jadikanlah kunjungan di kantor ini selain untuk studi lapangan juga sebagai ajang mempererat tali silaturrahmi di antara kita kepada peserta nantinya disilahkan menanyakan sepuasnya kepada Kepala KUA yang berkaitan dengan administrasi maupun pencatatan Nikah Rujuk dan proses pelayanan Nikah, tambahnya.

Sementara Kasi Diklat Teknis Keagamaan Padang Suarlin, mengemukaan 30 peserta Diklat Calon penghulu Angkatan VII ini sengaja mengadakan Observasi Lapangan (OL) ke KUA Kec. Mandiangin Koto Selayan untuk mencocokan materi yang didapat dengan kondisi dilapangan juga peserta dapat menerapkan kemampuan dalam menyikapi permasalahan yang ada sesuai dengan ilmu dan ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut studi lapangan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peserta diklat Calon Penghulu yang harus dilakukan sebagai penyempurnaan dari tugas kediklatan sehingga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan di tempat masing-masing, tutupnya. (Syafrial/Rina)