Kakankemenag Koordinir Pemeriksaan KUA

Kakankemenag Koordinir Pemeriksaan KUA
Kakankemenag Koordinir Pemeriksaan KUA

Pasaman Barat, (Inmas) – Hari pertama pelaksanaan Pemeriksaan rutin Kantor Urusan Agama Kecamatan se- Kabupaten Pasaman Barat mulai dilaksanakan. Tim Koordinator Pemeriksaan KUA yang dikoordinir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat H. Abdel Haq, S.Ag, MA hari ini Senin (28/04/2014) melaksanakan pemeriksaan pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Sei. Beremas, KUA Koto Balingka dan KUA Kecamatan Ranah Batahan.

Informasi diterima dari salah seorang staf Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Mulzafri, S.Ag menyebutkan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin  yang dilaksanakan sekali tiga bulan setiap tahunnya. Dia menambahkan pemeriksaan ini merupakan bentuk pengawasan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat terhadap seluruh KUA yang berada di lingkungan Kantor tersebut.

Terhadap KUA Kecamatan tersebut, tim melakukan pemeriksaan dari beberapa aspek diantaranya administrasi keuangan, prosedur pencatatan pernikahan, pendistribusian buku nikah, prosedur layanan dan administrasi lainnya yang termasuk pada layanan publik. Sementara itu H. Abdel Haq, S.Ag, MA mengutarakan pemeriksaan terhadap KUA Kecamatan ini bukan hanya sebatas melaksanakan rutinitas program Kementerian saja namun kedepannya hasil pemeriksaan ini dapat dijadikan patokan dalam memperbaiki segala aspek kekurangan khususnya pada pengelolaan administrasi dan layanan publik. (DIS/AGUS/ULIL)