MAN 2 Tanah Datar Panen Prestasi di bulan Muharram

MAN 2 Tanah Datar Panen Prestasi di bulan Muharram
MAN 2 Tanah Datar Panen Prestasi di bulan Muharram

Batusangkar (Inmas)-Perasaan senang dan raut wajah yang ceria tergambar di wajah kepala MAN 2 Tanah Datar Agustamam S.Ag disaat penyerahan sertifikat juara pada hari selasa tanggal 11 Shafar 1439 hijriyah kepada Bahrul 'Ulum salah seorang perwakilan duta al Quran MAN 2 Tanah Datar yang mewakili seluruh pejuang madrasah yang telah mengharumkan nama MAN 2 Tanah Datar di berbagai cabang lomba yang diadakan oleh beberapa madrasah di Sumatera Barat pada peringatan tahun baru Islam  1439 Hijriyah.

Agustamam  mengapresiasi kinerja dan perjuangan seluruh peserta didik yang telah diutus untuk mengikuti lomba dan terutama kepada bapak dan ibuk guru pelatih dan pendamping yang telah mengorbankan waktu, tenaga serta pemikirannya untuk mendidik dan mengasah kemampuan peserta didiknya. Sehingga pada bulan Muharram ini MAN 2 Tanah Datar panen prestasi.

Sementara itu dilain pihak Drs Azwir selaku Wakil kepala bidang kesiswaan mengungkapkan, pada peringatan tahun baru 1439 Hijriyah ini, MAN 2 Tanah Datar tidak pernah absen menghadiri undangan lomba yang diadakan di madrasah yang ada di Sumatera Barat.

Lebih lanjut Drs Azwir mengatakan, hal ini bisa terlaksana berkat dukungan yang kuat dari kepala MAN 2 Tanah Datar Agustamam  yang telah memberikan izin dan memotifasi peserta didik dan seluruh pelatih dan pendamping untuk menghadiri seluruh cabang lomba yang diadakan.

Novera Yona M.Pd.I selaku pembina OSIM ketika diwawancarai dimeja kerjanya tentang prestasi apa saja yang telah berhasil diraih oleh peserta didik MAN 2 Tanah Datar pada peringatan Gema Muharram 1439 Hijriyah ini, Beliau dengan wajah berseri-seri seraya mengucapkan al hamdulillahi Robbil'alamiin mengatakan dari 6 undangan lomba yang telah dihadiri, ada 15 prestasi dari 4 cabang lomba yang telah diikuti.

Lebih lanjut Novera Yona menjelaskan, pada acara Gema Muharram yang di adakan oleh MAN 1 Model Bukittinggi pada tanggal 17 September tahun 2017 yang lalu, MAN 2 Tanah Datar berhasil pada dua cabang lomba. Pertama untuk cabang Musyabaqah Khattil Qur'an, juara 2 atas nama Miftahul Hayati kelas XI PK.Kedua untuk cabang Musyabaqah Syarhil Qur'an juara 3 atas nama, Sariyun Habibah selaku pensyarah, Silvia Rizki selaku pembaca ayat suci al Qur'an dan Rehan Fauziyah selaku saritilawah.

Prestasi MAN 2 Tanah Datar tidak berhenti hanya sampai disitu ungkap Novera Yona, pada acara Gema Muharram yang diadakan di MAN/MAPK Koto Baru pada tanggal 6-7 Oktober tahun 2017, MAN 2 Tanah Datar tidak memberikan kesempatan kepada Madrasah dan Pondok Pesantren yang ada di Sumatera Barat untuk memegang trophy juara 1 pada dua cabang lomba. Pertama pada cabang musyabaqah tilawatil Quran juara 1 atas nama Bahrul 'Ulum. dan pada Cabang Musyabaqah Fahmil Qur'an atas nama Hafidzah al Husna selaku juru bicara, Arif Rahmatul Aji pendamping sebalah kiri dan Annisa Khoirun Nisa pendamping sebelah kanan.

Pada tanggal 18 Oktober MAN 2 Tanah Datar juga ikut serta memeriahkan peringatan tahun baru Hijriyah dengan mengangkat beberapa acara lomba, diantaranya: MTQ, CC Tahfidz, Khattil Quran.Seperti biasanya MAN 2 Tanah Datar apabila mengikuti lomba di manapun, jarang yang absen jadi juara.Apalagi diadakan di rumah sendiri. Hal ini terbukti dengan berhasilnya MAN 2 Tanah Datar menjadi juara pada dua cabang lomba. Pada cabang Musyabaqah khattil Quran MAN 2 Tanah Datar hanya menyisakan satu kursi juara 2 untuk madrasah lainnya, sementara juara 1 direbut oleh MAN 2 Tanah datar atas nama Hamdani Luthfi kelas XI Pk dan untuk juara 3 direbut oleh Muhammad Hafdzan kelas XII PK.Dan pada cabang Musyabaqah  Tilawatil Quran MAN 2 Tanah Datar berhasil merebut juara 1 atas nama Bahrul 'Ulum dan juara 2 atas nama Ulaman Dzaki.

Sambil menarik nafas dalam-dalam Novera Yona melanjutkan pembicaraannya.Pada tanggal 20 Oktober tahun 2017 MAN 2 Tanah Datar mengikuti Musyabaqah Syarhil Qur'an yang diadakan di SMA 3 Batusangkar, al hamdulillah group MSQ MAN 2 Tanah Datar berhasil meraih juara 3.

SMA 1 Sumatera Barat adalah tempat panen prestasi terakhir pada acara gema Muharram tahun 1439 Hijriyah tahun ini,kembali MAN 2 Tanah Datar menunjukkan eksistensi dirinya dengan berhasil meraih juara 1 MTQ atas nama Ulaman Dzaki siswa kelas XI PK dan juara 2 atas nama Bahrul 'Ulum, dan juara 2 MTQ putri atas nama Silvia Rizqi siswi kelas XI PK.Untuk cabang Khattil Quran Hamdani Luthfi mengokohkan posisinya sebagai khattil Quran terbaik tahun ini dengan tidak melepaskan prediket juara 1 yang telah diperolehnya pada perlombaan sebelumnya di madrasah lainnya.

Tidak kalah hebatnya dengan Khattil Quran dan MTQ, Group MFQ MAN 2 Tanah Datar berhasil menjadi juara 2.Dan sekaligus mengokohkan posisi mereka sebagai khafilah MFQ utusan kabupaten Tanah Datar ketingkat propinsi tahun ini ungkap Novera Yona ..(Zulkhairi)|Mira