Kakanwil Peringati Maulid di Pasaman

Kakanwil Peringati Maulid di Pasaman
Kakanwil Peringati Maulid di Pasaman

Pasaman, Inmas—Peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW kali ini sungguh istimewa bagi keluarga besar Kementerian Agama kabupaten Pasaman, hal ini dikarenakan kehadiran orang nomor satu di Kementerian Agama Sumatera Barat, Drs. H. Syahrul Wirda, MM Kakanwil Kemenag Sumbar.

Meski harus menempuh jarak ratusan kilo meter dari ibu kota provinsi menuju kota Lubuk Sikaping namun niat menjalin jembatan hati bersilaturrahim dengan jajarannya di ranah Pasaman diamini. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Drs.H.Syahrul Wirda, MM bersama Kabid Pendidikan Madrasah Drs.H.Artis Arjun, M.MPd dan rombongan hadir dalam peringatan maulid Nabi yang berakhir hingga larut malam bertempat di Surau milik yayasan pendidikan Islam Raudhatul Ibadah di bawah pimpinan H.Bujang Paman, S.Ag Kamis malam (16/1).

Pantauan humas, malam itu surau tampak penuh dihadiri jemaah dan undangan. Informasi diterima sekitar 400 jemaah tawajuh ditambah pejabat jajaran mulai dari Kasubbag TU, Kepala seksi, Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah negeri dan swasta, dipenuhi juga oleh ratusan PNS baik yang bertugas di kabupaten juga di 12 kecamatan serta ratusan penyuluh agama honorer dan kaum perwiridan, tampak khidmat mendengarkan tausyiah yang disajikan ustadz Amora Lubis yang datang bersama rombongan provinsi.

Di awal acara Kepala Kankemenag Kab.Pasaman Drs. H. Marjanis, M.Pd menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasihnya atas kehadiran Kepala Kanwil Kemenag Sumbar yang sudah meluangkan waktu dari padatnya agenda kerja yang diemban. Selain itu H. Syahrul Wirda menyuguhkan sedikit siraman rohani tentang pendidikan agama Islam yang diberikan Nabi Muhammad SAW. dan menyampaikan adanya buah tangan dari Kanwil Kemenag provinsi untuk siswa-siswi MIS Raudhatul Ibadah berupa kitab suci Al Quran sebanyak 30 buah.

Menutup acara pada malam itu, H.Syahrul Wirda menyampaikan pesan agama sekaitan dengan momentum maulid Nabi Muhammad SAW. Beliau mengatakan ada beberapa hal yang menjadi kekhawatiran ummat Islam akhir-akhir ini diantaranya terjadinya dekadensi moral generasi muda Islam yang salahsatunya melejitnya perbuatan seks bebas dikalangan remaja yang ironisnya masih berstatus pelajar tingkat dasar sampai menengah atas.

Dari itu Kakanwil meminta adanya perhatian ekstra dari para orangtua serta penanaman maksimal akan ajaran-ajaran Islam dalam keluarga sebagaimana yang telah ditatarkan Rasulullah kepada ummatnya, sehingga juga dapat menghindari kekhawatiran berikutnya yakni terjadinya pelecehan terhadap kaum hawa yang sampai saat ini kebanyakan dianggap sebatas pelampiasan nafsu kaum lelaki bejat dan hidung belang.

Khidmatnya penyelenggaraan maulid itu selain hadir rombongan dari Padang juga diistimewakan dengan kehadiran Bupati Pasaman yang diwakili Asisten II H. Hermanto dan caleg DPRD tingkat provinsi asal ranah Pasaman DR. H. Busrizalti. (bie-ys/Nana)