Walikota Bukittinggi, H. Ismet Amzis, SH : MTsN 1 Menuju Adiwiyata Madiri

Walikota Bukittinggi, H. Ismet Amzis, SH : MTsN 1 Menuju Adiwiyata Madiri
Walikota Bukittinggi, H. Ismet Amzis, SH : MTsN 1 Menuju Adiwiyata Madiri

Bukittinggi, (Inmas) - 25/3, Pemerintah Kota Bukitinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan MtsN 1 Bukittinggi di kota itu untuk mengikuti adiwiyata mandiri 2014. Walikota Bukittinggi, H. Ismet Amzis, SH, didampingi oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Muhamad Nur,MA di Bukittiggi, Selasa 25/3, mengatakan, MTsN 1 Bukittinggi satu-satunya madrasah yang harus kita dukung serta motivasi menuju Madrasah Adiwiyata Mandiri. 

“MTsN 1 Bukittinggi tersebut telah berhasil meraih adiwiyata nasional sehingga tahun ini berpeluang untuk meraih penghargaan Adiwiyata mandiri dari Kementrian Lingkungan Hidup,” katanya. Menurutnya, untuk mengikuti lomba adiwiyata mandiri maka setiap sekolah harus membina paling sedikit 10 sekolah binaan dalam melaksanakan program pelestarian lingkungan. “Saat ini MTsN 1 sudah membina Madrasah dan Sekolah yang ada di Gulai Bancah Bukittinggi,” katanya. 

Dia menyebutkan, tiga komponen pembinaan yang harus diberikan adalah peduli lingkungan, partisipasi lingkungan hidup, sarana dan prasarana sekolah yang peduli terhadap lingkungan. Menurut dia, yang dipersiapkan MtsN 1  itu adalah persiapan non fisik seperti dukungan kelengkapan dokumen mencapai 70 persen, sedangkan kesiapan fisik hanya 30 persen. “Adiwiata mandiri ini, memang lebih terkonsentrasi pada kegiatan non fisik, karena menyangkut kebijakan pemerintah terkait kurikulum berbasis lingkungan,” katanya. (Laporan Hayatullah Kumaini|j@y)