Drs, H. SYAHRUL WIRDA, MM :”Aparatur Kementerian Agama harus selalu berinovasi kearah yang lebih baik”

Drs, H. SYAHRUL WIRDA, MM :”Aparatur Kementerian Agama harus selalu berinovasi kearah yang lebih baik”
Drs, H. SYAHRUL WIRDA, MM :”Aparatur Kementerian Agama harus selalu berinovasi kearah yang lebih baik”

Bukittinggi, (Inmas) - 20/3, Kamis malam Rapat Kerja (raker) Kementerian Agama Kota Bukittinggi secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Syahrul Wirda, MM, di meeting room Grand Zuri Hotel Jalan M. Thamrin Padang. Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Prov. Sumbar menyampaikan, Aparatur Kementerian Agama itu senantiasa berinovasi dan selalu berfikir melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Jikalau kita malas berinovasi dan lambat berfikir untuk melakukan perubahan, maka kita akan semangkin jauh ketinggalan. Melalui raker ini hendaknya bermunculanlah berbagai macam pemikiran dalam melakukan perbaikan. Jangan hanya raker sekedar menghabiskan uang, tenaga, waktu dan fikiran sedangkan orang lain telah jauh lebih maju.

Kepala Kantor  Kementerian Agama Kota Bukittinggi , H. Muhamad Nur, MA menuturkan dalam sambutannya berbagaimacam potensi daerah Kota Bukittiggi. Mulai dari luas daerah lebih kurang 25 KM2, yang terdiri diri dari tiga kecamatan dengan 24 kelurahan. Segi pendidikan Kemenag Kota Bukittinggi memiliki satu RA binaan Darma Wanita, satu MIN dan satu MIS, dua MTsN dan empat MTsS, dua MAN dan tiga MAS. Jumlah siswa RA/Madrasah sebanyak 3847 dan 431 guru dan pegawai RA/Madrasah.

Sementara itu Kasubag TU kankemenag Kota Bukittinggi, H. Idrial, S.Pd selaku Ketua Panitia raker ini melaporkan bahwa peserta Raker ini sebanyak 45 orang terdiri dari para seluruh kepala seksi dan penyelenggara serta satu orang staf, semua KUA, unsur Penghulu dan penyuluh, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah dan Kaur TU di madrasah, narasumber yang akan memberikan materi anta ra lain: Kakanwil Kemenag Sumbar, Kabag TU kanwil Kemenag Sumbar, Kakankemenag Kota Bukittinggi, BPKP Sumbar, Walikota Bukittinggi dan Kadisdikpor Kota Bukittinggi. Acara dilaksanakan selama tiga hari kedepan Kamis s.d. Sabtu tanggal 20-23 Maret 2014, di Meeting Room Grand Zuri Hotel Padang. Agar raker tahun ini maksimal, senin 17 Maret yang lalu raker ini telah diawali dengan Sidang Komisi. 

Sengaja kegiatan sidang komisi ini dimajukan mengingat begitu padat dan banyaknya materi yang disampaikan saat raker tersebut.  Peserta dibagi kedalam tiga Komisi Yaitu Komisi A dengan kontributor yaitu Tata Usaha dan Kaur TU, Komisi B dengan kontributor Bimas, Penyelenggara Haji dan Umrah serta Syariah, KUA, Penyuluh dan Penghulu, dan Komisi C dengan kontributor Seksi Pendidikan, Kepala Madrasah dan Pengawas,  Setiap Komisi di pandu oleh satu tim pasilitator  yang bertanggung jawab memfasilitasi proses persidangan pada tingkat Komisi agar berjalan tertib yang terdiri dari, Pimpinan Sidang, Moderator dan Notulen. 

Sidang Komisi membahas semua rencana yang terkait dengan program kerja dan Kegiatan tahun 2014, Sidang komisi menghasilkan matriks singkronisasi kebijakan teknis dan matriks singkronisasi pragram kegiatan. Agenda Sidang Komisi “ Singkronisasi Pragram dan Kegiatan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Tahun 2014”. Target capaiannya adalah : Teridentifikasi program dan kegiatan dibidang administrasi, Bidang keagamaan dan Bidang Pendidikan dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Saat pembukaan lantunan ayat suci Alqur’an yang dibawakan dengan merdu oleh Efrizon, Staf TU Kankemenag Kota Bukittinggi, lagu Indonesia raya yang dipimpin oleh Elsi Puspita Dewi, S.Hi. sebelum doa yang dibacakan oleh Ifdal, S.Ag,KUA Guguak Panjang Kota Bukittinggi,  penanda tanganan Fakta Intergritas juga disaksikan oleh kakanwil, terlihat juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Drs. H. Yetrizal Khatib. a(Lap. Hayatullah Kumaini|j@y)