Marching Band TsaSiba Tampil Pada Peringatan Hari Bela Negara

Marching Band TsaSiba Tampil Pada Peringatan Hari Bela Negara
Marching Band TsaSiba Tampil Pada Peringatan Hari Bela Negara

Situjuah, (Inmas) - Peringatan peristiwa Situjuh yang jatuh pada hari Minggu 15 Januari 2017 menggelorakan semangat perjuangan generasi muda. Acara dilaksanakan di lapangan bola kaki Khatib Sulaiman Situjuh. Menurut rencana, bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Sumatera Barat. Namun akibat berhalangan, inspektur upacara dipimpin oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi. Hal ini tidak menyurutkan antusias dari masyarakat dan peserta upacara yang hadir di lapangan. Marching Band TsaSiBa didaulat untuk mengiringi upacara Hari Bela Negara itu. Para anggota Marching Band merasa bangga dan sangat bersemangat karena mendapat kepercayaan untuk mengiringi acara yang berskala nasional.

Pada Upacara Hari Bela Negara itu juga dihadiri oleh pejabat yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. Kepala Kantor Kementerian Agama juga  tampak hadir dalam rombongan para pejabat. Gusman Piliang juga memberikan apresiasi kepada grup Marching Band MTsN Situjuh Batur karena sudah diberi kepercayaan penuh dalam acara sebesar itu. Lewat pesan singkat Whats Apps GP yang akrab disapa menyampaikan terima kasih kepada segenap keluarga besar TsaSiBa.

Upacara diawali dengan pembacaan lintas sejarah peristiwa situjuh yang pusatnya di Lurah Kincia. Semua Yang hadir terharu mendengar betapa kejamnya penjajah Belanda waktu itu. Sabtu Subuh Belanda memborbardir para pejuang yang semalaman selesai melaksanakan rapat di Surau Lurah Kincia. Bupati Limapuluh Kota dalam amanatnya mengajak semua yang hadir untuk mengenang jasa dan perjuangan para syuhada yang gugur pada subuh itu. Irfendi juga berharap kita yang hidup saat ini bisa melanjutkan dan meneladani pejuang. "Hari ini mari kita ambil teladan, nilai, dan patriotisme yang telah dia tinggalkan sebagai contoh kita hidup berbangsa dan bernegara", ungkap Bupati Limapuluh Kota.

"Dengan meneladani nilai – nilai itu maka negara kita akan aman dan menjadi negara yang Baldatun Taibatun Warabbun Ghafur", imbuhnya.

Acara yang berlangsung dibawah terik mentari yang menyengat itu juga menampilkan berbagai atraksi. Marching Band TsaSiBa diakhir acara menunjukan kebolehannya dihadapan ribuan pasang mata yang hadir dilapangan Khatib Sulaiman. Syafriandi kepala MTsN Situjuh Batur sangat bangga dengan penampilan anak – anak grup marching band TsaSiBa. Selesai acara Syafriandi mengumpul seluruh anggota dan guru pembimbing di Madrasah. Dia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak. Dalam kesempatan itu Kepala MTsN Situjuh Batur yang juga putra asli Situjuh mengajak makan bersama dengan seluruh anak –anak marching Band dan guru pembimbing makan bersama. Suasana santai dan keakraban  tampak waktu itu. (AL|Ef)