Lansia Terima Santunan Baznas Pasaman Barat

Lansia Terima Santunan Baznas Pasaman Barat
Lansia Terima Santunan Baznas Pasaman Barat

Pasaman Barat, HUMAS – Alhamdulillah, Allah SWT masih memberikan kekuatan kepada diri saya menghadiri undangan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat. Pada kesempatan ini, saya juga berkesempatan bersalaman dengan Bupati, Baharuddin R.

Paling tidak itulah kalimat segar disampaikan Janu (119), warga Jorong Laban, Nagari Kapa, dan Kamidi (112), warga Jorong Pujorahayu, Nagari Kotobaru. Keduanya berada dalam wilayah Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasaman Barat, usai menerima paket konsumtif dari Baznas kabupaten (Pasaman Barat) se Kecamatan Luhak Nan Duo, Rabu (1/7).

Dengan perasaan gembira dan penuh suka cita, Janu yang hampir berusia 120 tahun, warga Naagari Kapa dan Kamidi, warga Nagari Kotobaru, bersama bimbingan dai nagari masing-masing mendatangi Mesjid Nurul Huda Jorong Jambak untuk menerim bantuan dana dari Baznas Kabupaten Pasaman Barat.

Selain kedua orang berusia lanjut, malah menurut Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R, bisa meraih rekor Muri dari lembaga berwenang, dengan tegar dan bersemangat mengikuti perintah Allah SWT, melaksanakan ibadah puasa di bulan mulia (Ramadhan 1436), mereka diikuti sebanyak 418 orang warga Kecamatan Luhak Nan Duo pemerima bantuan konsuntif dari Baznas Pasaman Barat.

Ketua Harian Baznas Pasaman Barat, Nofdinal Yefri, didampingi Sekretaris, Suharjo Lubis, di sela-sela penyerahan paket kepada sebanhak 420 orang miskin se Kecamatan Luhak Nan Duo, menyampaikan, peneyarahan dana santunan dari Baznas Pasaman Barat diserahkan di Mesjid Agung Nurul Ilmi hari ini (Rabu-red) adalah tahap lanjutan. Setelah hari Selasa kemarin dilaksanakan kegiatan serupa untuk warga Kecamnatan Pasaman.

Bupati, Baharuddin R pada kesempatan itu menyampaikan sekaligus berharap, penyaluran seluruh paket bantuan dari dana Baznas Kabupaten Pasaman Barat akan tuntas menjelang hariraya Idul Fitri 1436 H.

Untuk kecamatan lain, pihaknya akan menentukan waktu dan tanggalnya. Dengan harapan seluruh paket bantuan dari Baznas Pasaman Barat benar-benar dinikmati oleh siapa saja yang berhak.

Menyinggung bagaimana sistem rekruitmen dilakukan, sehingga penerima dana santunan dari Baznas Pasaman Barat bisa hadir sesuai jadual yang ditetapkan. Baharuddin, dan dikuatkan Nofdinal Yefri, dikuatkan Suharjo menjelaskan, sebelum pihaknya berkoordinasi dengan lembaga terkait di tingkat nagari hingga ke tingkat jorong.

Agar penataan penerrima bantuan paket dari dana Baznas terarah dan tidak menimbulkan hal-hal tidak diinginkan, proses rekruitmen dilaksanakan melalui permintaan nama dan data calon penerima kepada setiap jorong. Pengolahan nama dan data dilaksanakan oleh setiap dai nagari di kejorongan bersangkutan, dengan ketentuan sebanyak 30 orang per jorong.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Marjanis, menyampaikan, penyaluran dana zakat, infak dan sadaqah, seperti dilaksanakan Baznas kabupaten (Pasaman Barat) yang disalurkan kepada setiap berhak menerima, adalah pekerjaan mulia.

Untuk itu, karya nyata dilaksanakan Baznas Pasaman Barat bersama lembaga lain di daerah ini, patut dilestarikan dan diberdayakan setiap saat. Zar/rina