Mentawai Undang Gubernur Sumbar pada Even MTQ Ke- VI Tahun 2016

Mentawai Undang Gubernur Sumbar pada Even MTQ Ke- VI Tahun 2016
Mentawai Undang Gubernur Sumbar pada Even MTQ Ke- VI Tahun 2016

Mentawai, (Inmas)--Pelaksanaan MTQ Tingkat Kab. Kepulauan Mentawai Ke- VI tahun 2016 ini, dilaksanakan di Kecamatan Sipora Utara yang telah dianggarkan di APBD Mentawaihal sebesar 1 miliar. Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Kepulauan Mentawai Syafrizal Ucok ketika berbincang-bincang.

Berdasarkan Rapat terakhir yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Mentawai, disepakati sebanyak 12  Cabang dilombakan Wajib diikuti Putra Putri Asli Mentawai, Kecuali Cabang Tilawah dan Qiraat baik tingkat Kabupaten maupun Propinsi.

"85 Persen dari peserta harus putra Mentawai, Kami berkeinginan yang merasakan Nikmat MTQ adalah Putra Putri Mentawai, untuk apa juara tapi dirental dari daerah lain, karena tujuan utama MTQ adalah ajang pembinaan supaya anak-anak Mentawai berakhlak qurani bukan mencari juara semata'', ungkap Nurdin, S. Sos selaku Ketua umum LPTQ Kab. Kepulauan Mentawai. 

Sebagai Plt Bupati Kepulauan Mentawai, Syafrizal Ucok berencana akan mengundang Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno untuk membuka MTQ, yang dijadwalkan Mulai Rabu tanggal 19 Desember s/d Sabtu tanggal 17 Desember 2016 mendatang.

Menurut Syafrizal Ucok, dalam waktu dekat ini, dirinya akan menghadap Gubernur Sumbar untuk minta kesedian membuka acara pelaksanaan MTQ Mentawai. "Mudah-mudahan pak gubernur berkenan hadir membuka MTQ Mentawai dan sekaligus melihat beberapa proyek yang telah dilaksanakan", kata mantan PJ Bupati Dharmasraya ini penuh harap.

Syafrizal Ucok menambahkan, "tujuan penyelenggaraan MTQ Mentawai tersebut, melahirkan generasi Qur’ani, meningkatkan Ukhuwah Islamiyah melalui Ajang baca Al-Qur’an serta pemahaman isi dan kandungan Al-Qur’an dan membangun serta memperkuat citra positif Islam secara global".

Selanjutnya, kata Syafrizal Ucok, strategi penyelenggaraan MTQ untuk mengembangkan indentitas dan icon MTQ Kabupaten Mentawai untuk mudah diingat serta mampu memberikan inspirasi. "Saya mencoba mengkaitkan MTQ Mentawai dengan program-program sektor lain,  baik secara provinsi maupun nasional yang konstruktif", tutupnya.

Sementara, Masdan, S. Ag, MA selaku  Kakan Kemenag Mentawai yang juga Ketua I LPTQ Mentawai meyakinkan jajaran Kemenag Mentawai akan memaksimalkan perannya dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ kali ini.

"Melalui edaran resmi dari kemenag kita mengajak  kepada seluruh Jajaran Kemenag Mentawai berperan aktif terutama Kepala KUA untuk mendata, menseleksi kemudian mentraining para Kafilah MTQ  di Kecamatan Masing -masing", tegas Masdan. [Indra Gunawan]|DW