Kakanwil Kemenag Sumbar Resmikan PTSP Kankemenag Kota Pariaman

Kakanwil Kemenag Sumbar Resmikan PTSP Kankemenag Kota Pariaman

Pariaman Inmas, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat melaunching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman  di halaman Kantor setempat Kamis (13/12).

Acara yang dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Sumbar,  Wali Kota Pariaman yang diwakili Kabag Kesra, Polres, Dandim, Ketua Lapas II B, Camat, Ketua BAZ,Ketua FKUB, Ketua MUI, BKMT,MTI, Kepala BPD, Kepala BRI serta undangan lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman dalam sambutannya mengatakan bahwa PTSP merupakan upaya transformasi pelayanan publik guna mewujudkan Kementerian Agama sebagai instansi yang  bersih melayani.

“Keberadaan PTSP akan membawa angin segar bagi standar kerja  dan kinerja di Kementerian Agama. Sistem kerja akan menjadi lebih rapi, produktifitasnya terukur, dan semua aktifitas layanan juga  tercatat. Dengan pengelolaan data digital, dokumen-dokumen perizinan akan lebih mudah diverivikasi, diolah sesuai peruntukannya dan lebih minim resiko”, tandas M.Nur.

“Kami bertekad bahwa PTSP akan dikembangkan. Ke depan PTSP tidak hanya tersedia di kankemenag tetapi juga berlanjut di Kantor urusan Agama dan Madrasah di lingkungan Kankemenag Kota Pariaman, karena dengan pendirian PTSP ini dapat memacu Kemenag untuk lebih berprestasi”, ulas M.Nur lagi.

Pada kesempatan ini M.Nur juga melaporkan Rekap layanan PTSP Kankemenag Kota Pariaman  yaitu dengan jumlah layanan 105 dan yang sudah terlayani sebanyak 57 .

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sumbar H.Hendri dalam pembinaan dan arahannya berikan apresiasi kepada Kakankemenag Kota Pariaman yang masuk nominasi sepuluh besar yang telah melaunching PTSP dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumbar, setelah Kota Bukittinggi, Kota Padang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Padang Pariaman dan sekarang yang ke delapan Kota Pariaman.

“Menjelang akhir tahun ini sudah diagendakan peresmian PTSP seluruh Kemenag Kabupaten/Kota  se- Sumbar. Dan ini berarti Sumbar sudah melebihi target nasional dalam penerapan dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat di Padang, karena dengan PTSP ini sasaran yang hendak dicapai adalah segala urusan mudah, cepat, transparan, bersih dari KKN, profesionalitas, efesien dan efektif ”,  ujar Kakanwil  dengan senyum khasnya.

Kakanwil menambahkan “Peningkatan layanan kepada masyarakat oleh jajaran Kementerian Agama harus dibenahi. Di bawah Komando  Bapak Menteri Agama tahun 2018 ini, Kementerian Agama juga melahirkan Program Direktif Kementerian Agama yaitu e-govermen dan layanan On line, SAPA (Sarapan Bersama Penyuluh Agama), Netralitas ASN dalam partai politik,  SALAM (Silaturrahim Lembaga Keagamaan),  Nyantri (magang Siswa/Mahasiswa), NGOPI (Ngobrol Pendidikan Islam, NGAJI (Ngobrol Soal Haji), BERKAH (Belajar Rahasia Nikah), Bina Kawasan dan Guru Kunjung, MENGAJI ( Mengasah Jati Diri) Indonesia dan Halal Indonesia”.

Pada kesempatan ini Kakanwil juga menekan kepada para Penyuluh Agama Islam agar bisa dan mampu menempatkan peranan dan fungsinya  sebagai Penyuluh di tengah-tengah masyarakat diantaranya Penyuluh berperan sebagai fungsi edukatif (mendidik), formatif (pemberi informasi),  konsultatif (tempat bertanya) dan advokatif (sebagai pembela), sehingga keberdaannya sangat dirasakan di tengfah-tengah masyarakat. Apalagi sekaran ini bayaknya terjadi persoalan-persoalan umat yang  butuh solusi yang tepat untuk menyelesaikannya seperti LGBT,Narkoba, Kenalakan Remaja dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MOU antara Kankemenag Kota Pariaman dengan Ketua Lapas II B Kota Pariaman tentang perjanjian kerjasama pembinaan dan Penyuluhan Keagaamaan, serta penyerahan bantuan dari kakanwil Kemenag Sumbar kepada BKMT (Badan Kontak Majlis Taklim)  dan MTI (Majlis Taklim Indonesia) yang diterima oleh masing-masing perwakilannya. (Rita)