Tinjau Lokasi Musabaqah, Direktur Optimis Sumbar Bisa Jadi Tuan Rumah yang Baik

Tinjau Lokasi Musabaqah, Direktur Optimis Sumbar Bisa Jadi Tuan Rumah yang Baik

Padang, Inmas—Menteri Agama RI melalui Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin telah menyerahkan Surat Keputusan Penetapan Sumatera Barat sebagai Tuan Rumah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke- XXVIII. Surat Keputusan (SK) ini dterima langsung Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit didampingi Kakanwil Kemenag Sumbar, Minggu Malam (28/4) di Aula Gubernuran.

Menindaklanjuti surat keputusan ini, Senin (29/4) Direktur Penerangan Agama Islam, H. Juraidi didampingi Kepala Kanwil Kemenga Sumbar langsung meninjau lokasi masing-masing cabang lomba. Rombongan ini juga dipandu pejabat di lingkungan Biro Binsos Pemprov Sumbar dan instansi terkait.

Mengawali perjalanan, Direktur bersama rombongan menuju Mesjid Raya Sumatera Barat dilanjutkan ke UNP (Universitas Negeri Padang), Kampus Baiturrahmah, UIN Imam Bonjol Padang, UPI (Universitas Putra Indonesia) dilanjutkan ke beberapa mesjid di Kota Padang.

Dari tinjuan ini, direktur optimis Sumbar bisa menjadi tuan rumah yang terbaik, karena respon dari Pemerintah Provinsi bersama Kanwil Kemenag juga sangat baik. Ditambah lagi lokasi yang akan menjadi venue dari loasi MTQ ini juga sangat representatif.  Hal ini diungkapkan Direktur Penerangan Agama Islam, Juraidi kepada wartawan disela-sela peninjauan lokasi MTQN.

“Kita bergembira dari LPTQ nasional, nampaknya gubernur bersama wakil gubernur sangat antusias. Dan hari inipun kita langsung meninjau lokasi-lokasi/venue untuk majelis pelaksanaaan musabaqah nanti. Setelah kita lihat luar biasa potensi Sumatera Barat ini, banyak sekali tempat yang representatif untuk dijadikan venue,” ungkap Direktur.

Direktur juga sangat optimis pelaksanaan MTQ Nasional nanti juga akan berjalan dengan sangat baik. Apalagi kata nampak kerjasama antara Kanwil Kemenag Sumbar dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berjalan harmonis dalam mendukung kegiatan ini. Ia berharap ini akan menjadi momen teindah dari pelaksanaan MTQ nasional.

Walaupun Sumbar pernah menjadi tuan rumah 35 tahun yang lalu, namun untuk pelaksanaan yang lebih baik, direktur juga berpesan agar pemerintah daerah dan Kemenag lebih meningkatkan komunikasi. Dari segi syiar musabaqah lebih banyak dan lebih luas tentu dengan mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Saya berharap pelaksaaan MTQ nasioal ke 28 tahun 2020 membawa kesan yang baik dan memberi dampak yang baik bagi pengembangan kajian alqur’an di Indonesia,” begitu harapan Direktur, Juraidi.

Sementera Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri didampingi Ketua LPTQ, Damri Tanjung dan Kabid Penais Zawa, H. Maswar sangat bersyukur Sumatera Barat ditunjuk sebgai tuan rumah MTQ N ke XXVIII.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kita masyarakat Sumatera Barat. Sumatera Barat dipercaya melaksanakan iven yang sangat penting bagi pembangunan agama di Indonesai. Kita bersama Pemerintah provinsi dan seluruh instansi akan berkerja keras dan bekerjasama dalam menysukseskan kegiatan musabaqah ini,” pungkas Kakanwil.

Disela-sela tinjauan ini, Kasi Pengembangan Musabaqah, Ramli dan Kasi Pemberdayaan Lembaga tilawatil qur'an, H. Helmi Salfian tampak sibuk menyusun dan mencatat setiap lokasi yang cocok dijadikan tempat lomba masing-masing cabang. RinaRisna